Sabtu, Oktober 24Suara Rakyat News
Shadow

Kejari Batanghari Berhasil Sita Uang Rp 324,6 Juta Dari Mantan Kades Mato Gual

Page Visited: 75
0 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

BATANG HARI-Suararakyatnews.com,

Pihak Kejaksaan Negeri Batanghari menerima pengembalian kerugian negara pada tahap penyelidikan dalam kasus penggelapan Dana Desa (DD) Desa Mata Gual Kecamatan Pemayung TA 2019.


Kepala Kejaksaan Negri (Kajari) Batanghari, Mia Bunalita mengatakan, pihaknya menemukan adanya penyimpangan terhadap DD Tahun 2019 di Desa Mata Gual. Dimana dari DD sebesar Rp 1.064.873.100, terdapat sebesar Rp 324.610.323 yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

“Dalam kasus ini, Mantan Kades ini sudah mencairkan semua uang tersebut, akan tetapi pelaksanaan pekerjaan tidak dilaksanakan,” Papar Kajari Batanghari, Mia Banulita, saat konferensi pers, pada Kamis (24/10/2019).

Dijelaskan Mia, terungkapnya kasus penyimpangan terhadap DD Desa Mata Gual, Kecamatan Pemayung ini berawal dari laporan masyarakat, yang mana laporan tersebut langsung ditindak lanjuti dengan tahap penyelidikan.

“Dalam penyelidikan yang kita lakukan Mantan Kepala Desa bersedia untuk mengembalikan. Sehingga kami terima pengembaliannya. Pertimbangannya apa, karena anggaran tersebut tercatat di Tahun 2019,” terangnya.

Lebih lanjut Kejari Batang Hari mengatakan, dengan dikembalikannya uang tersebut, harapannya dapat dipergunakan kembali untuk kepentingan Desa Mato Gual pada Tahun anggaran yang sama Tahun 2019. “Ini juga menjadi alasan kenapa kita tidak memproses lebih lanjut,” ujarnya.

“Kalau perkara itu Kita proses, itu bisa jadi pelaksanaan kegiatan di Desa itu bisa terhenti. Dan Kita tidak mau itu, Kita tidak mau menimbulkan katakan la kegaduhan atau menghentikan pembangunan yang ada di Desa Mata Gual di Tahun 2019. Oleh karenanya, dengan petunjuk pimpinan, Kami terima pengembalian dari Mantan Kepala Desa tersebut untuk kita setor ke Kas daerah. Dan perkara tersebut Kita tutup,” Terangnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Batanghari, Mukhlis, mengakui pengembalian uang hasil penyeimpangan DD kali ini menjadi rekor, sebab jumlah nilainya cukup fantastis. Dan belum pernah ada sebesar ini terjadi sebelumnya.

“Yang perlu juga Kita diketahui bersama, dana ini pengembalian tahun berjalan. Maksunya kan dengan dikembalikan disini, mungkin ada kesempatan dua bulan lagi digunakan untuk pembangunan yang tergantung atau belum selesai,” papar Mukhlis (Azhar)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: