WACANA

PJ. Bupati Arief Munandar Meminta Kepala Desa Melibatkan Masyarakat dalam Pembangunan Desa

92
×

PJ. Bupati Arief Munandar Meminta Kepala Desa Melibatkan Masyarakat dalam Pembangunan Desa

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 711
0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

Sarolangun, SRN

arief-munandarPJ. Bupati Sarolangun Arief Munandar meminta kepada Kepala desa yang ada Dikabupaten Sarolangun , untuk melibatkan masyarakat dalam membangun desa khususnya yang dilakukan dengan anggaran dana desa.

Dalam menjalankan pembangunan Desa yang ada di Sarolangun harus melibatkan masyarakat yang ada di Desa ujar Arief, saat pembukaan pembekalan Kades yang digelar oleh BPMPD Kabupaten Sarolangun beberapa waktu yang lalu.


Menurut Arief, para Kades harus bersinergi dengan masyarakat karena sudah diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.‚ÄĚKades harus memahami Undang-undang itu, juga harus bisa menggali potensi desa seperti sumber daya alam desa, peristiwa dan kulinernya,‚ÄĚ ungkap Arief.

Sementara itu, aktivis pemerhati kebijakan pemerintah dan beliau juga Sekretaris DPK Lembaga Pemantau penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPNRI) Kabupaten Sarolangun, Herhar Supraja, S.ST mengharapkan dalam mengelola dana desa, para Kepala Desa harus dikelola dengan secara baik sesuai dengan aturan. Herhar Supraja, S.ST meminta kepada masyarakat ikut berpartisipasi untuk dapat melakukan pengawasan dan melaporkan bagi Kepala Desa yang melakukan penyimpangan penggunaan dana yang ada di desa. Karena berdasarkan Surat Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) juga telah mengeluarkan surat bertanggal 31 Agustus 2016 bernomor B.7508/01-16/08/2016 sifat penting perihal himbauan terkait pengelolaan keuangan desa/dana desa. Di mana surat tersebut diajukan kepada para Kepala Desa di seluruh Indonesia. Surat yang dikeluarkan itu meminta dana desa harus dapat dikelola secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut Isi Surat untuk Kepala Desa


Pengelolaan Keuangan Desa termasuk Dana Desa merupakan bagian dari upaya membangun kesejahteraan. Oleh karena itu, KPK meminta kepada seluruh aparat Pemerintah Desa, untuk :

  1. Mematuhi seluruh peraturan tentang pengelolaan Keuangan Desa khususnya dalam penggunaan Dana Desa dengan menghindari yang tidak sesuai dengan peruntukannya, sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari.

  2. Memahami dengan baik dan menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang di kembangkan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk pengelolaan Keuangan Desa.
  3. Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) bersama-sama dengan Kemendesa, PDTT dan Kemendagri melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan penggunaan Keuangan Desa khususnya Dana Desa.
  4. Mendorong partisipasi masyarakat agar melakukan pengawasan dan melaporkan informasi serta keluhan yang dianggap perlu terkait penyalahgunaan Keuangan Desa khususnya dana desa kepada Satgas Desa Kemendesa, PDTT dengan menghubungi telepon : 1500040 SMS 0812 8899 0040/ 0877 8899 0040 atau melalui weibsite www.satgas.kemendesa.go.id.
  5. Memperbanyak surat himbauan ini dan menempelkannya ditempat-tempat strategis misalnya di Kantor Desa atau tempat-tempat lain yang mudah dibaca oleh masyarakat.

Demikianlah petikan isi surat yang ditandatangani oleh Ketua KPK Agus Raharjo. Jadi para Kades diharap bisa berhati-hati dalam ‚Äúpenggunaan,‚ÄĚtegas Praja. (Jhon)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */