Kamis, Oktober 29Suara Rakyat News
Shadow

Kelompok Rambate Rata Hayu Dapat Bantuan Bibit Ikan

Page Visited: 30
0 0
Read Time:1 Minute, 52 Second

MURATARA-Suararakyatnews.com,

Kelompok tani budi daya ikan kolam terpal Rambate Rata Hayu Desa Beringin Makmur Satu Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), mendapat bantuan bibit ikan patin dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara pada hari Selasa (22/10/) jam 12.30 wib.


Selain bantuan bibit ikan patin sebanyak 20 ribu ekor, pakan ternak sebanyak 70 karung, ada juga prabiotik untuk vitamin ikan sebanyak 20 botol, mesin pompa air satu set, dan kolam terpal 10 unit, terang Abdul Kadir Kabid Perikanan dilokasi pembagian pada wartawan.

Untuk bantuan bibit ikan ini kami berikan untuk dua kelompok pembudidayakan ikan yang ada di wilayah Kecamatan Rawas Ilir, yaitu kelompok budidaya ikan Rambate Rata Hayu Desa Beringin Makmur Satu, dan Kelompok budidayah ikan Desa Batu Kucing.

Yang mana untuk hasil dari budidaya ikan ini nantinya, hasil panen akan dikembalikan pada pengurus kelompok petani ikan patin itu sendiri, kemudian mengembangkannya kembali dengan memberi bibit ikan yang lain, dan pakannya serta keperluan lainnya, jelas Abdul Kadir.

Pemerintah hanya berharap pada masyarakat pengelolah budidaya ikan patin ini, jika berhasil masyarakat dapat mandiri mengembangkan kembali dari hasil yang ada, dan kedepan terserah pihak kelompok harus beli ikan apa terserah mereka, sesuai dengan ke ingginan mereka, inilah bantuan dan binaan dari pihak Pemkab Muratara melalui Dinas Pertanian dan Perikanan.

Edi, salah satu wakil kelompok tani pemberdayaan ikan patin Rambate Rata Hayu Desa Beringin Makmur Satu saat dikomfirmasi wartawan mengatakan, kami ucapkan banyak terimakasih pada Pemerintah Kabupaten Muratara khususnya Dinas Pertanian dan Perikanan, yang telah memberi pembinaan serta bantuan bibit ikan patin beserta kolam dan barang lainnya.

Yang mana bantuan bibit ikan patin yang diberikan ini diperikran panen pada usia ikan 5 bulan dan dengan berat diperkirakan sekitar 5 ons atau 1,5 kg sementara untuk pakan (pelet) atau makanan ikan bantuan ini tidak mencukupi sampai musim panen.

Diperkiran pakan bantuan yang sekitar 50 persen, dan kekurangan pakannya nanti akan mengeluarkan dana pribadi masing-masing anggota kelompok sebanyak 10 orang petani, karna setelah bibit ikan berusia tiga bulan ke atas makannya akan lebih banyak lagi jelas Edi.

Setelah berhasil panen ikan patin yang ini nanti, diperkirakan kami akan tetap memilih membeli bibit ikan patin, karna bibit lainnya untuk beternak kolam terpal tidak cocok atau pengembang biaknya agak lamban. (Andry Taufiq)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: