Diduga Kades Paku Aji Gelapkan Dana Bumdes

BATANG HARI-Suararakyatnews.com,

Dana Bumdes yang seharusnya untuk Kemajuan Usaha Desa dan bisa untuk menambah APBD Desa, tapi lain halnya dengan Dana Bumdes Desa Paku Aji Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Dana Bumdes tersebut diduga dipinjam pada tahun 2017 oleh oknum Kades Paku Aji kurang lebih Rp. 30 juta.

Menurut A. Yani dari Lembaga Swadaya Masyarakat Intel Tipikor kepada awak media saat melakukan konfirmasi kepada salah satu pengurus Bumdes dengan berinisial IW menerangkan, “Pada saat itu Datuk Kades datang kepada saya (Bendahara) meminjam uang tersebut, ya saya pinjamkanlah karena kan dia adalah seorang Kades Desa Paku Aji ini, tapi saya tidak bertanya untuk apa uang tersebut, yang jelas. Kata perangkat Bumdes, uang tersebut diduga digunakan oleh Kades untuk DP mobil pribadi”.

Tambah Yani lagi “kami juga sudah berkoordinasi dengan Inspektorat Batanghari pak Muklis, dan mengatakan kalau Dana Bumdes tersebut tidak boleh dipinjamkan apa lagi dengan pinjaman bersifat untuk kepentingan pribadi”, tutur A Yani

Pada saat awak media mencoba menghubungi Kades Paku Aji, Mukti dan mempertanyakan hal tersebut, Kades Mukti pun membenarkan kalau dia memang meminjam uang tersebut.

“saya sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan bahwa saya meminjam uang Bumdes tersebut, bukan untuk kepentingan pribadi, tapi untuk menyelamatkan uang itu dari tangan mereka karena penangung jawab anggaran (PA) nya kan saya, soal nya sampai saat ini laporan SPJ nya belum selesai, kalau lah laporan SPJ nya selesai detik ini pun saya bayar uang tersebut, saya tidak memakai nya uang itu, cuma saya menyelamatkannya, supaya uang tersebut tidak hilang tak tentu arahnya uang ini”, terang Kades Mukti.

Selanjutnya saat di kompirmasi Camat Batin XXIV Erwin, S.Sos dan menanyakan hal ini, dengan jawaban yang sama dengan Kades Mukti tersebut diatas. (Azhar).

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.