PEMERINTAHAN

PT. Borneo Gerbang Sukses Konsultasi Publik AMDAL

94
×

PT. Borneo Gerbang Sukses Konsultasi Publik AMDAL

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 47
0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

SERUYAN, Suararakyatnews.com,

Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan / atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan terhadap sebuah proses pengambilan dari sebuah keputusan tentang penyelenggara usaha dan/ atau kegiatan.

Sesuai dengan Undang -Undang nomor 32 tahun 2009  tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam 47 disebutkan setiap usaha dan/ atau kegiatan yang menimbulkan dampak penting terhadap lingkungan hidup,ancaman terhadap ekosistem dan kehidupan dan /atau kesehatan dan keselamatan manusia wajib melakukan analisis risiko lingkungan hidup.
Pemerintah kecamatan seruyan Hilir melaksanakan kegiatan konsultasi publik dengan tema  Amdal Rencana Kegiatan Pertambangan Pasir Kuarsa.

Kegiatan tersebut untuk fasilitasi bagi PT.BORNEO GERBANG SUKSES selaku investor yang berencana akan melakukan Pertambangan Pasir Kuarsa di Daerah Seruyan Hilir ,lokasi¬† rencana kegiatan Pertambangan Pasir kuarsa tersebut berada Desa Sungai Bakau dan Desa Pematang Limau dengan luas¬† 1533 hektar, guna melaksanakan konsultasi publik dalam rangka penyusunan AMDAL.Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Jum’at (21/6) di Aula Kantor Kecamatan Seruyan Hilir.

Kegiatan ini di hadiri langsung Camat Seruyan Hilir,Kapolsek Seruyan Hilir,Danramil Seruyan Hilir serta Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup  serta Dinas Pekerjaan dan Tata Ruang  Kabupaten Seruyan ,Pj Kades Pematang Limau,PT.Borneo Gerbang Sukses,beserta konsultan yang menyusun AMDAL untuk kegiatan Pertambangan Pasir Kuarsa dan juga  dihadiri oleh Tokoh beserta masyarakat Desa Pematang Limau.

Pada kesempatan tersebut ,Dodi Jayadi selaku perwakilan dari PT.Borneo Gerbang Sukses menyampaikan Penting nya Amdal untuk melaksanakan kegiatan,apalagi pada sebuah kegiatan Pertambangan yang secara umum  bisa menimbulkan dampak positif dan negatif dari kegiatan pertambangan tersebut.

Camat seruyan Hilir Oon Hariyanto menjelaskan bahwa kegiatan Konsultasi Publik ini adalah penjajakan  dalam rangka penyusunan AMDAL untuk menyaring pendapat dari masyarakat, Oon Hariyanto mengapresiasi kegiatan konsultasi Publik yang dilaksanakan oleh PT.Borneo Gerbang  Sukses tersebut.

Sementara itu Masyarakat Desa Pematang Limau yang hadir dalam konsultasi publik juga sangat mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan oleh PT.Borneo Gerbang Sukses yang  difasilitasi Kecamatan Seruyan Hilir, dengan harapan kegiatan tersebut sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang undangan yang berlaku, mereka juga meminta adanya Memorandum of Understanding (Mou )antara pihak Perusahaan dengan masyarakat Desa Pematang Limau supaya tidak ada terjadi salah paham dikemudian hari.

Salah seorang Warga Desa Pematang Limau tersebut mengatakan “Dalam kegiatan Pertambangan Pasti ada dampak positif dan dampak negatif, akan tetapi bagaimana kita berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir atau memperkecil risiko dan memaksimalkan terutama dalam pembangunan serta kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah pertambangan agar kegiatan ini bisa menjadi manfaat terutama untuk masyarakat desa dan Pemerintah juga bagi perusahaan,” Pungkasnya (Bup)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */