space
space
PEMERINTAHAN

Pj Bupati Sarolangun Pimpin Langsung Musrenbang RKPD 2025

356
×

Pj Bupati Sarolangun Pimpin Langsung Musrenbang RKPD 2025

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 182
0 0
Read Time:3 Minute, 20 Second

SAROLANGUN-Suararakyatnews.com,

Luar biasa semenjak dipimpin Pj Bupati Sarolangun, Dr. Ir Bachril Bakri M.App, Sc geliat kemajuan semakin terlihat hampir di segala lini, di bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko Kabupaten Sarolangun yang sama sama kita cintai ini. Seperti pada giat Pemkab Sarolangun melalui Bappeda Sarolangun yang dimotori oleh Bidang Pendanaan sukses melaksanakan Musrenbang RKPD tahun 2025.

Kegiatan tersebut dibuka oleh PJ Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc.didampingi PJ Sekda, Ir Dedy Hendry, M.Si yang digelar pada Rabu (20/03/2024), bertempat di ruang pola Pemkab Sarolangun.

Musrenbang RKPD yang dilaksanakan ini, berbarengan menyelaraskan dengan Rencana Kerja pemerintah (RKP) nasional dan Pemprov Jambi, yakni Akselarasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Plt Bappeda Sarolangun, Azrian dalam pemaparannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD ini merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri Nomor 86 tahun 2018 tentang tata cara perencanaan pengendalaian dan evaluasi rancangan pembangunan daerah tentang RPJPD dan RPJPMD.

“Pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentiangan guna membahas RKPD dan merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.” jelas

Menurutnya pembahasan dan hasil kesepakatan Musrenbang RKPD akan digunakan sebagai bahan penyempurnaan langkah-langkah RKPD yang selanjutnya ditetapkan menjadi RKPD.

“Rangkaian kegiatan perencanaan ini telah dilaksanakan sejak awal tahun 2024 dengan agenda, Musrenbang desa dan kelurahan telah dilaksanakan sejak 8 Januari hingga 18 Januari 2024, Musrenbang kecamatan dilaksanakan sejak 22 Januari hingga 7 Februari 2024” terangnya

Selain itu, tahapan proses perencanaan yang dilaksanakan di tingkat desa/keluarahan dan Kecamatan menghasilkan usulan sebanyak 1.243 usulan. Kemudian FKP rencana pembangunan daerah dilaksanakan 16 Februari 2024 menerima masukan dan saran dari stake holder, seterusnya forum gabungan perangkat daerah yang dilaksanakan pada 20 Februari hingga 7 Maret 2024 dan sinkronisasi dengan mekanisme desk dan verifikasi antara Kecamatan dan SKPD terkait.

“Hasil Musrenbang kecamatan dengan ususlan program dan kegiatan prioritas yangd dituangkan dalam Renja SKPD yang telah disepekati sebanyak 701 usulan yang akan ditampung pada Renja SKPD, sedangkan usulan pokok pikiran DPRD Sarolangun berjumlah 1.028,” tambahnya.

Sementara itu PJ Bupati Sarolangun, Bachril Bakri menyebutkan jika Musrenbang RKPD Ini merupakan akhir dari proses perencanaan untuk pengusulan dan penyusuan RKPD 2025 dan menghasilkan kesepakatan RKPD tahun 2025.

“Tahapan proses penyusunan rencana pembangunan daerah yang sudah dilakukan dari tingkat desa/Kelurahan dan Kecamatan serta Musrenbang RKPD 2025 akan menjadi pedoman penyusunan APBD 2025 dimulai dari KUA PPAS.

“Tidak ada satu rupiah pun anggaran yang ada dalam APBD tanpa ada dalam perencanaan, APBD harus berdasarkan kedalam RKPD,” bebernya

Diakatkan PJ Bupati, isu strategis dan kegiatan prioritas akan diselaraskan dengan program Nasional dan Provinsi.Seterusnya akan dipilah yang mana menjadi program Provinsi dan Nasional.

“Kita yakini, dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD Sudah mengikuti tahapan dan pedomanan yang ada,” ucapnya.

Lebih penting lagi, kata PJ Bupati, dalam penyusunan RKPD tetap mengikuti kebijkan nasinal dan provinsi, salah satunya menyelaraskan RKP nasional dengan tema akselarasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Selain untuk pencapaian akselarasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kita juga memperhatikan program kegiatan sosial dan infrastruktur, sebab hampir 50 persen kondisi jalan di Kabupaten Sarolangun perlu dibangun atau belum mantap,” paparnya.

Dalam kegiatan Musrenbang RKPD juga dilaksanakan zoom meeting dengan Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan daerah II Ditjen Bina Pembangunan Daerah, yakni Ir Suprayidno MA. Dalam kesempatan tersebut memberikan harapan dan peluang untuk Pemkab Sarolangun mendapatkan program kegaiatan dari pusat pada tahun 2024 dan 2025.

Di penghujung acara dilaksanakan penandatangan berita acara kesepakatan, diwakili oleh Kepala SKPD, yakni H Arsyad, Kadis Damkar Trianto, Sekretaris Dewan Efrianto, tokoh masyarakat H Rahman.

Prosesi acara dipandu oleh moderator ketua Komisi I DPRD Sarolangun, Drs H Pahrul Rozi MSi, disela itu dilaksanakan acara tanya jawab.

Hadir diacara tersebut, Wakil II DPRD Syahrial Gunawan, Sekretaris Bappeda Jambi, Forkompimda, Staf Ahli Pemkab Batanghari, para Asisten dan staf ahli, kepala SKPD, Camat, para tokoh masyarakat, Sekretaris Bappeda Hj Maria Susanti, Kabid Pendanaan Muhammad Ikhsan beserta para tamu dan undangan lainya (Chairul)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */