space
space
HUKUM & KRIMINALITAS

Sungguh Ironis, Garong Sawit Panen Masal TBS di Perusahaan Sawit

198
×

Sungguh Ironis, Garong Sawit Panen Masal TBS di Perusahaan Sawit

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 181
0 0
Read Time:1 Minute, 57 Second

SERUYAN-Suararakyatnews.com,

Sungguh memprihatinkan
ratusan Pick Up terlihat hilir mudik disalah satu areal perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah.

Mereka datang langsung melakukan panen masal TBS dengan cara menjarah diperusahaan tersebut. Ironisnya hampir ribuan ton TBS yang mereka jarah dilakukan hampir setiap hari dalam melakukan aksinya, mereka tak jarang melakukan dengan cara kekerasan.

Akibat panen masal yang dilakukan sekumpulan orang tak bertanggung jawab tersebut, membuat kerugian yang sangat besar bagi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang terkena jarah panen masal tersebut.

Dengan adanya permasalahan ini, beberapa LSM di Kabupaten Seruyan meminta aparat hukum bersikap tegas terhadap aksi masal penjarahan TBS tersebut, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mardianto selaku Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan Seruyan Tengah Divisi Pusat Pelaporan dan Investigasi LSM Simpati Anak Bangsa dengan lantang meminta kepada aparat penegak hukum menindak perbuatan tidak terpuji tersebut.

“Jangan sampai hal tersebut dianggap hal biasa dan dijadikan kegiatan sehari-hari oleh orang tak bertanggung jawab.
Hal tersebut jelas-jelas merugikan perusahaan dan juga mengganggu keamanan ketertiban masyarakat”ungkapnya

Seterusnya dia juga berharap kepada aparat penegak hukum harus bertindaj tegas, karena masyarakat menggangap selama ini perbuatan tersebut hal biasa.

Kegiatan berkedok panen masal tersebut adalah sebuah penjarahan yang setiap hari dilakukan oknum masyarakat kadang melakukanya pun dibarengi dengan kekerasan dan ini sudah dianggap perbuatan melawan hukum dan harus ditindak.Disamping itu aksi penjarahan dapat mengganggu keamanan dan investasi dibidang perkebunan kelapa sawit.

“Oleh sebab itu kami sangat mendukung sekali tindakan tegas dari aparat penegak hukum” tegasnya

Kemudian Mardianto berharap kepada para peron peron yang membeli tandan buah sawit dari petani, agar tidak membeli buah yang berasal dari hasil jarahan. Jika ada peron-peron yang melakukan hal tersebut dia meminta kepada masyarakat untuk melaporkanya kepada aparat penegak hukum.

Mardianto juga menghimbau dan mengajak masyarakat untuk menciptakan situasi kondusif dan menghindari kegiatan kegiatan dan perbuatan yang melawan hukum. Agar iklim investasi di daerah kita tumbuh subur sehingga investasinya stabil dan sehat.

Ditempat yang sama Hamdani yang juga anggota LSM tersebut menambah kan jika terjadi permasalahan masyarakat sekitar perkebunan dengan pihak perusahaan .Dapat menyelesaikannya dengan arif dan bijaksana.

“Setiap ada permasalahan menyangkut persoalan lahan coba diselesaikan dan disampaikan secara santun tanpa adanya kekerasan .Mari kita jaga secara bersama sama Kamtibmas diKabupaten Seruyan, agar lebih banyak lagi para investor yang datang kedaerah kita .Baik dari dalam dan luar daerah” pungkasnya, Kamis 7 Desember 2023 (Bup)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */