Senin, Juli 26Suara Rakyat News
Shadow

Dinas Pendidikan Sinkronisasi Pemanfaatan DAK BOP PAUD

Page Visited: 135
0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

MURATARA-Suararakyatnews.com,

Sesuai dengan Juknis Dinas pendidikan kabupaten Muratara Menerapkan Permendikbud 13 tahun 2020 tentang Juknis DAK Nonfisik BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan TA 2020 bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan yang bermutu, pemerintah mengalokasikan dana alokasi khusus nonfisik bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan.

Kamis, (25/3/2021) Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara sosialisasi sinkronisasi anggaran penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Penyelengaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD), bertempat di SMP1 Negeri Muara Rupit, yang di ikut seluruh PAUD Sekabupaten Muratara, juga beberapa kepala desa dan intansi terkait. Tujuannya sosialisasi itu sendiri untuk sinkronisasi anggaran agar para penyelenggara dan tutor PAUD dapat melaksanakan penyaluran dan pemanfaatan DAK BOP PAUD sesuai dengan kebijakan dan petunjuk teknis.

Dalam acara tersebut juga hadir langsung istri wakil Bupati Muratara Umi Desi Tri Angreini selaku ibu pembinaan paud, kepala dinas pendidikan yang diwakili oleh sekretaris nya Misra Jaya, yang didampingi Kasih dan staf bidang PAUD Pendidikan kabupaten Muratara.

Kepala dinas pendidikan melalui sekretarisnya Misra Jaya, menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan sosialisasi penggunaan dana BOP Paud untuk dipahami oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan PAUD Muratara agar dalam mempergunakan Dana BOP Paud tidak keluar aturan yang telah ditentukan.
“Aturan tersebut tentu berdasarkan Permendikbud, Tentang Penggunaan Dana Alokasi Khusus Non Fisik BOP Pendidikan Anak Usia Dini,” kata Misra Jaya

lanjut Misra Jaya mengungkapkan kegiatan BOP Paud diharapkan mampu mengoptimalkan kualitas perkembangan potensi anak pada usia 1000 hari, serta meningkatkan akses dan kualitas layanan Paud pada semua satuan Paud secara berkeadilan bertahap dan berkelanjutan dalam mencapai standar nasional.

“BOP Paud diberikan untuk membantu penyediaan biaya operasional non personalia bagi satuan anak usia dini yang diberikan, serta meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada layanan Paud berkualitas di satuan Paud,” ungkap Misra Jaya

Misra Jaya juga menghimbau pada pengeloaan BOP harus mangacu pada peraturan yang berlaku. Kepada Kepala Satuan Paud sebagai mengelola BOP jangan sampai ada yang bermasalah. Acuannya adalah sesuai aturan-aturan yang ada.

“Jika tidak jelas dapat tanya ke Inspektorat, Dinas Pendidikan dan Muratara dan Badan Keuangan Daerah,” imbuh Misra Jaya. (Rahmad)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: