PEMERINTAHAN

Pemkab Mura Raih juara II Kepala Daerah Inovatif se-Provinsi Sumsel

43
×

Pemkab Mura Raih juara II Kepala Daerah Inovatif se-Provinsi Sumsel

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 561
0 0
Read Time:2 Minute, 46 Second

MUSIRAWAS-Suararakyatnews.com,

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas raih juara II lomba Kepala Daerah Inovatif Piala Kementrian Dalam Negeri se-Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020, rabu (18/11/2020). Pengumuman pemenang lomba Kepala Daerah Inovatif tersebut dilakukan secara virtual yang langsung dibuka oleh Mendagri, H.M Tito Karnavian dan dihadiri Gubernur Sumsel, H Herman Deru serta Bupati dan Walikota se-Provinsi Sumsel.

Mendapingi Pjs Bupati Mura Drs Ahmad Rizali MM, Kepala Balitbang Kabupaten Musi Rawas H Bambang Hermanto, Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Musi Rawas Yudi Fachriansyah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Musi Rawas Syamsul Joko Karyono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Ristanto Wahyudi, Badan Kesatuan Persoalan Hutan Lakitan Edi Cahyono. 

Kabupaten Musi Rawas menjadi juara kedua setalah Kota Palembang yang berhasil menjadi juara pertama lomba Kepala Daerah Inovasi Piala Mendagri tahun 2020, kemudian juara ketiga diraih oleh Kabupaten Muara Enim dan Juara kategori terkomitmen dan paparan terbaik di raih oleh Kabupaten Musi Banyu Asin.

Pjs Bupati Musi Rawas Ahmad Rizali mengucapkan syukur Alhamdulillah dalam ajang Kepala Daerah Inovatif Piala Mendagri tahun 2020, Kabupaten Mura menjadi yang terbaik kedua setelah Kota Palembang tingkat Provinsi Sumsel. “Dengan prestasi ini, tentunya akan memotivasi kita bersama untuk terus melakukan inovasi dalam rangka mengembangkan daerah kita demi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Mura,” Ucap Bupati.

Pjs Bupati juga mengatakan, ada beberapa inovasi yang diikutsertakan dalam lomba Kepala Daerah Inovatif tersebut, mulai dari inovasi tata kelola pemerintahan yakni Pojok Online, kemudian inovasi pelayanan publik yakni Gerpu Genting dan Pos Bindu Excellen dan inovasi lainnyak yakni Madu Hutan Kapeha dan Dewita.

Inovasi yang diikut sertakan dalam ajang lomba Kepala Daerah Inovatif piala Mendagri tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Sumeks, juga telah diikut sertakan dalam lomba IGA tahun 2019. Ada beberapa bidang inovasi yang diikut lombakan mulai dari bidang kesehatan, perizinan dan lain sebagainya.

Antara lain, inovasi Pojok Online sendiri dapat meningkatnya jumlah pelayanan (perizinan), meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan meningkatnya Investasi di Kabupaten Mura serta meningkatnya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), inovasi Gerpu Genting (Gerakan Peduli Cegah Stunting), dengan inovasi ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka stunting serta menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Mura. Selanjutnya, inovasi Posbindu Excellent (Pos Pembinaan Terpadu Excellent) dengan sasaran berkurangnya jumlah pasung dari 26 orang menjadi 0 orang per Maret 2020, meningkatnya kesadaran akan pentingnya mengurus ODGJ dan kembalinya ODGJ ketengah masyarakat.

Momen ini, lanjutnya, menjadi motivasi bagi pemerintah Kabupaten Musi Rawas untuk terus melakukan inovasi, dalam rangka mengembagkan kabupaten dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Di tahun ini Kabupaten Musi rawas sudah mencatatkan ada 156 inovasi, diantaranya adalah posyandu remaja, desa wisata tematik, peta jitu terkait potensi investasi di Kabupaten Musi Rawas, dan tunggu pirolis dalam rangka mengurangi kebakaran hutan dan lahan dan sebagainya. 

“Perlu diketahui untuk tingkat nasional Kabupaten Musi Rawas mendapat¬† peringkat ke-5 dari sekitar 450 Kabupaten se Indonesia,” katanya.

Menurutnya peringkat itu sudah luar biasa, karena yang menempati peringkat 4-1 adalah Kabupaten yang sudah stabil ada di Pulau Jawa. “Musi Rawas satu-satunya Kabupaten di luar Jawa yang bisa sampai di 5 besar,” katanya.

Sementara itu Kepala Balitbang Kabupaten Musi Rawas, H Bambang Hermanto menambahkan, inovasi yang ditonjolkan saat mengikuti ajang Kepala Daerah  Inovatif Piala Mendagri 2020 diantaranya bidang kesehatan tentang pencegahan stunting dan ODGJ, bidang pariwisata yakni desa wisata, bidang tata kelola pemeritahan adalah pojok online, bidang pelayanan publik ada Gerpu Genting dan Pos (Darly)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */