Kamis, September 24Suara Rakyat News
Shadow

Perdana, Pemprov Jambi Berikan Bantuan Beasiswa Tahfidz Qur’an

20 Views
Read Time:3 Minute, 42 Second

JAMBI-Suararakyatnews.com,

Untuk pertama kalinya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memberikan beasiswa kepada para siswa siswi Tahfidz (hafal) Qur’an. Hal ini sebagi upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Jambi, dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan iman dan takwa (imtak), membangun intelektualitas dan karakter siswa siswi supaya menjadi SDM yang unggul.


Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyerahkan secara simbolis Bantuan Beasiswa Prestasi bagi Siswa SMA/SMK/SLB, Tahfidz Qur’an, Mahasiswa D3, S1, S2 dan Dokter Spesialis Tahun Anggaran 2019, yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Kamis (26/12/2019). Fachrori menegaskan bahwa Pemprov Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas SDM Provinsi Jambi, salah satunya melalui program bantuan beasiswa berprestasi, dan beasiswa tersebut juga dimaksudkan untuk memotivasi siswa siswi belajar.

Pada tahun anggaran 2019, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jambi memberikan bantuan beasiswa prestasi kepada 6.974 orang penerima dan bantuan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) siswa kelas XII SMK kepada 10.850 orang penerima.

“Kita telah melakukan berbagai program dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Provinsi Jambi, salah satunya dengan memberikan bantuan beasiswa prestasi untuk siswa SMA/SMK/SLB, mahasiswa D3, S1, S2 dan dokter spesialis. Kita akan terus memberikan bantuan beasiswa ini sampai akhir tahun 2021, karena kita menargetkan 15.000 orang penerima,” ujar Fachrori.

Fachrori mengemukakan, sampai dengan tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Jambi telah memberikan bantuan beasiswa prestasi kepada 13.173 orang penerima dan bantuan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) siswa kelas XII SMK kepada 10.850 orang penerima. Rinciannya: tahun 2017 sebanyak 4.454 orang penerima, tahun 2018 sebanyak 1.745 orang penerima dan tahun 2019 sebanyak 6.974 orang penerima, serta bantuan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) siswa kelas XII SMK sebanyak 10.850 orang penerima.

“Jadi, kita telah memberikan bantuan beasiswa prestasi kepada 13.173 orang penerima dan bantuan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) siswa kelas XII SMK kepada 10.850 orang penerima.
Khusus tahun ini, kita juga memberikan bantuan beasiswa prestasi kepada para tahfidz Qur’an sebanyak 210 orang hafizh,” kata Fachrori.

Fachrori mengharapkan agar para penerima bantuan beasiswa prestasi lebih meningkatkan motivasi belajar dan bisa menularkan kepada teman yang lain. “Untuk para hafizh Qur’an agar terus meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalannya sehingga mampu menjadi pecinta Al-Qur’an dan memiliki akhlakul karimah,” ujar Fachrori.

“Semoga bantuan beasiswa prestasi yang telah kita berikan ini, bisa benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Jambi sebagai bagian dari upaya kita bersama dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang ada di Provinsi Jambi,” harap Fachrori.

“Saya juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan seleksi bantuan beasiswa dengan menggunakan pendaftaran online melalui website yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Ini artinya, kita telah mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam melakukan pengelolaan pelayanan pemerintahan untuk mewujudkan e-government,” tambah Fachrori.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H.Varial Adhi Putra,ST,MM mengatakan, penyerahan secara simbolis bantuan beasiswa prestasi Pemerintah Provinsi Jambi tahun anggaran 2019 sesuai dengan DPA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan berdasarkan Keputusan Gubernur Jambi nomor: 497/KEP.GUB/DISDIK-1.1/2019 tentang Pemberian Bantuan Beasiswa Prestasi bagi siswa SMA/SMK/SLB, siswa tahfidz Qur’an, mahasiswa D3, S1, S2 dan dokter spesialis.

“Tahun ini, kita memberikan bantuan beasiswa prestasi kepada 6.974 orang penerima dengan rincian, siswa SMA/SMK/SLB sebanyak 6.350 orang, siswa tahfidz Qur’an sebanyak 210 orang, mahasiswa D3 sebanyak 75 orang, mahasiswa S1 marbot mesjid sebanyak 20 orang, mahasiswa S1 reguler sebanyak 80 orang, mahasiswa S2 sebanyak 50 orang dan dokter spesialis sebanyak 9 orang, sedangkan bantuan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) siswa kelas XII SMK sebanyak 10.850 orang,” kata Varial.

Varial menuturkan, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan semua bantuan beasiswa dengan menggunakan transaksi non tunai berupa buku tabungan dan kartu ATM ke rekening atas nama penerima bantuan beasiswa, sehingga setelah para siswa/mahasiswa menerima buku tabungan dan kartu ATM dapat langsung ke bank atau ATM untuk mencairkan uangnya.

“Ada hal yang baru dalam beasiswa prestasi tahun ini, untuk pertama kalinya Pemerintah Provinsi Jambi memberikan bantuan beasiswa kepada para siswa penghafal Al-Qur’an. Hal ini kita lakukan, untuk memberikan apresiasi kepada para siswa agar lebih semangat dalam meningkatkan dan mempertahankan hafalan Al-Qur’annya,” tutur Varial.

Pada kesempatan tersebut, Varial juga menyerahkan trofi dan piagam penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kepada Gubernur Jambi, karena Provinsi Jambi terpilih sebagai Provinsi dengan Kualitas Bidang Pendataan Pendidikan (Dapodik) Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019.

Sumber : Humas Pemprov Jambi
Editor : Agon

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: