Al Haris Pimpin Upacara HUT PGRI Ke-74 Di Merangin

MERANGIN-Suararakyatnews.com,

Pemkab Merangin pada Senin (25/11/2019) menggelar puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional 2019.

Upacara bendera yang berlangsung khidmat di halaman depan Kantor Bupati itu di pimpin langsung oleh Bupati Merangin Al Haris, yang diikuti barisan PGRI, Korpri, Pelajar dan Pramuka.

Pada upacara HUT PGRI ke-74 ini bupati membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. “Guru Indonesia yang tercinta, tugas anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit,” ujar Bupati.

Guru ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan. Guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktunya habis untuk mengerjakan tugas administratif.

Potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Gingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan.

Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. “Ambillah langkah pertama, lakukan perubahan kecil di kelas, ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.

Pada puncak peringatan PGRI dan Hari Guru Nasional itu, bupati memberikan penghargaan kepada para tenaga pendidik berprestasi. Bupati juga menyerahkan hadiah kepada para guru pemenang berbagai lomba.

Lomba-lomba yang digelar pada peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional diantaranya, lomba melukis untuk pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai SMA sederajat, lomba lagu daerah dan lomba Mars PGRI. (PERI).

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.