Minggu, Oktober 25Suara Rakyat News
Shadow

Semua Puskesmas Di Kab Merangin Yang Di Survei Tahun 2019 Sudah Terakreditasi

Page Visited: 34
0 0
Read Time:1 Minute, 39 Second

MERANGIN-Suararakyatnews.com,

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Merangin yang di Survei Akreditasi pada tahun 2019 akhirnya terakreditasi semua, Ini merupakan hasil perjuangan para petugas kesehatan dan medis. Hingga akhirnya semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Merangin tersebut mendapatkan Akreditasi.


Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merangin Abdai mengatakan, saat ini sudah ada 2 Puskesmas dengan Akreditasi Utama, yaitu Puskesmas Bangko dan Puskesmas Kotaraja. Selain itu ada 6 Puskesmas yang sudah Akreditasi Madya, yaitu Puskesmas Muara Kibul, Pus Rantau Limau Manis, Pus Aur Berduri, Pus Tambang Mas, Pus Rantau Suli, dan Pus Pematang Kandis, diakuinya, memang ada beberapa Puskesmas yang saat masih berakreditasi tingkat Dasar.

“Alhamdulilah ini sangat membahagiakan sekali target kita tecapai, semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Merangin sudah terakreditasi dengan baik. Hal ini tentu bekat kerja sama dan kekompakan semua pihak,” kata Abdai, Jumat (8/11/2019).

Untuk mendapatkan akreditasi lanjutnya, tentu ada beberapa proses yang harus dilewati. Sementara bagi Puskesmas yang masih Akreditasi masih di tingkat dasar Dijelaskannya, itu bukan berarti pelayanan yang ada di Puskesmas tersebut buruk ataupun kurang. Tetapi hal tersebut belum sempurnanya data pendukung administrasinya.

“Masih ada lagi akreditsi Paripurna. Pada tingkatan itu adalah paling tinggi semoga kita bisa mendapatkan akreditasi itu, dan tak lupa saya juga menghimbau kepada semua petugas kesehatan harus terus tingkatkan pelayanan yang baik untuk pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Dijelaskan, tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu di bidang kesehatan, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen. Juga sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen resiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat Akreditasi.

Di kesempatan lain, Kepala Seksi Fasyankes dan Peningkatan Mutu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merangin, Winda Tripuspita mengungkapkan, “Adapun manfaat dari akreditasi, untuk memberikan keunggulan kompetitif, meningkatkan pengelolaan risiko. Baik pada pelayanan pasien di Puskesmas maupun Fasyankes primer lainnya, dalam penyelenggaraan pelayanan Puskesmas kepada masyarakat, selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja, serta neningkatkan keamanan dalam bekerja.” tutupnya (PERI)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: