Sabtu, Oktober 24Suara Rakyat News
Shadow

SDN4 Bingin Teluk Terancam Amblas Kesungai Rawas

Page Visited: 63
0 0
Read Time:2 Minute, 2 Second

MURATARA-Suararakyatnews.com,

Bangunan Gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Bingin Teluk Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan terancam amblas, pantauan wartawan dilapangan Rabu (28/8/2019) jarak bangunan gedung diperkirakan 8 meter lagi dari bibir Sungai Rawas.


Ali, warga yang tingal berdekatan dengan SDN4 Bingin Teluk pada awak media mengatakan, kami warga yang tingal dibantaran Sungai Rawas telah lama menyimpan rasa ke khawatiran dan was-was, pasalnya setiap hari tanah dipingiran sungai rawas terus mengalami longsor, dan kami prihatin rumah kami setiap waktu terus mendekati bibir sungai.

Kami saat ini merasa sedih, karna janji pihak Pemerintah inggin membangun Dam Brojong tak kunjung terealisasi hinga sekarang, dulu pihak Pemerintah dan Anggota DPRD yang datang melihat kondisi dilapangan mulai dari Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Musi Rawas hinga pemekaran Kabupaten Muratara.

Jadi saat ini kami masyarakat yang tingal di Rt.1 Kelurahan Bingin Teluk, dan masyarakat Dusun I Desa Beringin Makmur Satu (BM I) yang khususnya tingal dibantaran sungai Rawas tidak dapat berbuat apa-apa, dan hanya berpasra sajah menunggu tempat tingal kami amblas masuk ke Sungai Rawas, karna tidak ada lagi tempat kami mengadu, jelas Ali.

Terpisah, Taufiq warga Kelurahan Bingin Teluk pada awak media mengatakan hal yang sama, sudah beberapa unit rumah warga yang telah amblas kesungai Rawas akan tetapi hinga saat ini perhatian dan kepedulian pihak pemerintah belum terlihat, bahkan akses jalan poros Kecamatan sudah berapa ratus meter telah amblas kesungai Rawas.

Saat ini sudah beberapa unit rumah warga yang telah berada dibibir Sungai Rawas dan memprihatinkan, bahkan tidak menutup kemungkinan Gedung Sekolah SDN4 Bingin Teluk, Masjid Ar Rahman Bingin Teluk, Sekolah Madrasah Nurul Iman Desa Beringin Makmur Satu akan amblas kesungai Rawas jika tidak dibangunnya Dam Brojong sama seperti di Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit.

Duluh pernah kami dengar ada wacana dari pihak Pemerintah Kabupaten Muratara melalui BPBD dan Sasra Manjani Kudir, salah satu putra Bingin Teluk yang menjabat di Pemkab Muratara yang saat ini sudah pindah ke Pemerintah Pusat akan membangun Dam Brojong sepanjang 1 Km melalui dana APBN, tapi sayang setelah beliau pindah wacana dan usulan itu tidak ada khabar berita sama sekali hinga saat ini.

Kami berharap Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara melalui dinas terkait, dan Anggota DPRD Kabupaten Muratara untuk dapat kembali mengusulkan pembangunan Dam Brojong tersebut ke pusat, agar melalui dana APBN, program tersebut dapat terealisasi dan penyelamatan rumah warga, gedung sekolah, masjid, jalan, dan bangunan lainnya, jelas Taufiq. (Andry Taufiq)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: