Kopi Asal Sakaladi Dapat Sertifikasi Halal dari MUI Provinsi Jambi

SAROLANGUN-Suararakyatnews.com,

Para Petani kopi asal Dusun Sakaladi Desa Batu Empang, Kecamatan Batang asai patut berbahagia, sebab kopi yang dihasilkan para petani yang tergabung dalam kelompok Tani Suka Makmur ini, telah mendapatkan Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jambi.

Selain Sertifikat Halal prodak yang dinamai ‘Kopi Sakaladi Mandiri’ yang berjenis kopi Robusta asal Dusun Sakaladi ini, juga telah mengantongi Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun.

Dikatakan Rabuan Kepala Desa Batu Empang kepada Suararakyatnews pada Minggu (19/5/2019) dirinya merasa bersyukur dengan dua Sertifikat yang diberikan MUI Provinsi Jambi dan Dinkes Sarolangun terhadap Prodak kopi yang dihasilkan para petani didesanya, sebagai Penggagas usaha perkebunan kopi, dirinya merasa bangga dengan upayah yang ia rintis sejak 4 tahun silam tersebut.

“Sertifikat Halal adalah modal untuk itu, saya akan bekerja lebih keras lagi untuk meningkatan kualitas prodak, serta meningkatkan hasil produksi, sebab permintaan kopi dipasaran cukup tinggi, kedepan. Kita akan memproduksi kopi dalam bentuk kemasan yang dikelola oleh BUMDes,” ungkap Rabuan.

Saat ini, luas lahan perkebunan kopi di desa ini baru mencapai 165 Hektar, yang sudah panen sekitar 60 Hektar. Melihat tingginya animo masyarakat dalam mengembangkan perkebunan kopi pembukaan lahan baru diperkirakan akan terus bertambah.

Untuk saat ini, rata-rata dalam perbulan para Petani kopi di dusun Sakaladi bisa memproduksi biji kopi kering siap olah sekitar 1 Ton, dengan harga jual ditempat Rp 18.000/kg. sehingga ada perputaran ekonomi dikalangan masyarakat Desa Batu Empang saat ini. (Aang/Adv)

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.