Kamis, September 24Suara Rakyat News
Shadow

Meski Anaknya Bupati Dua Priode, Margaretha Tetap Berjualan Sayur

34 Views
Read Time:2 Minute, 22 Second

NTT – Suararakyatnews.com, 

Meskipun anak Kandungnya Raymundus Sau Fernandes adalah Bupati Timur Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur dua periode (2010-2015 dan 2016-2021) ibu Margaretha Hati Manhitu di usianya yang sudah menginjak 78 tahun, setiap hari bersama suaminya Yakobus Manue Fernandez, 84 tahun, tetap berjualan sayur-sayuran, ia dan suaminya setiap hari mengupas buah asam kering di depan rumahnya. Buah-buah asam itu kemudian dikumpulkan, lalu dijual ke Pasar untuk membiayai keperluan meraka sehari-hari.


Walaupun memiliki anak seorang Bupati,  ibu Margaretha tidak ingin bergantung hidup pada anaknya, salah satu alasannya adalah karena dia sudah terbiasa berjualan sejak usianya masih anak-anak. setiap hari, selain menjajakan buah asam dan sayur-sayuran di pasar yang dekat dengan rumahnya, ibu Margaretha juga mengelola sawahnya sendiri.

Bupati Timur Tengah Utara Raymundus yang merupakan anak kandung dari ibu Margaretha sudah melarang ibunya untuk berjualan. Namun, ibu Margaretha terus melakukan kebiasaannya ini. Bahkan, dia dan suaminya menolak fasilitas yang diberikan oleh anak Kandungnya itu.

Ibu Margaretha punya alasan sendiri, menurutnya anaknya bekerja untuk masyarakat, bukan keluarga, maka sudah seharusnya urusan keluarga menjadi tanggungan mereka sendiri. Ibu Margaretha selalu berpesan kepada putranya itu, untuk bekerja dengan baik demi rakyat dan menjaga nama baik keluarga.

Setiap kali Bupati Raymundus datang berkunjung bersama anak-anaknya, sang ibu telah menyediakan uang untuk diberikan kepada cucu-cucunya untuk keperluan sekolah. Sebaliknya bila ibu Margaretha berkunjung ke rumah Raymundus, waktu kunjungannya selalu singkat karena ibu Margaretha ingin segera kembali mengurus kebun dan sawahnya.

“Kami tidak mau membebani anak kami karena dia itu kerja untuk masyarakat banyak. Saya kerja dengan suami saya untuk makan sehari-hari,” katanya Kamis (16/8/2018).

Walaupun anaknya telah sukses, ibu Margaretha tak lupa selalu menasihati putranya itu untuk bekerja dengan baik untuk rakyat. “Saya selalu pesan buat anak saya untuk kerja yang baik untuk rakyat dan jaga nama baik keluarga,” ucapnya. ibu Margaretha.

Melihat teladan yang diberikan oleh kedua orang tuanya, Bupati Raymundus mengaku kagum dan bangga. Banyak pelajaran hidup yang diberikan oleh ibu dan bapaknya kepada dirinya dan adik-adiknya. 

“Kerja keras, kerja tanggung jawab sampai tuntas dan ini pelajaran yang sangat berharga buat diri saya sampai saat ini, saya pegang teguh dalam hidup,” ucapnya. sembari berdoa agar kedua orang tuanya selalu sehat dan berumur panjang

“Saya sudah larang, tapi mama tetap tidak mau karena mama bilang kita sudah tanam di kebun, jadi hasilnya harus dijual,” ucap Bupati Raymundus.

“Mama dalam usia yang sudah 78 tahun, masih tetap kerja kebun dan sawah bersama bapak. Tentu hal yang sangat berharga buat saya. Mereka selalu mengatakan kepada saya bahwa, nikmatilah keringatmu sendiri lebih berharga dan tidak boleh ambil hak orang lain,” sambungnya.

Raymundus Sau Fernandes sebelum menjabat sebagai Bupati Timur Tengah Utara dua periode (2010-2021), pernah menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD di usia 25 tahun dan Wakil Bupati di Kabupaten Timur Tengah Utara. (*Red)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: