space
space
WAHANA

Tingkat Konsumsi Ikan di Provinsi Jambi Masih dibawah Rata-Rata Nasional

46
×

Tingkat Konsumsi Ikan di Provinsi Jambi Masih dibawah Rata-Rata Nasional

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 477
0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

JAMBI-Suararakyatnews.com,

Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli mengatakan kebiasaan dan pola makan masyarakat Provinsi Jambi belum sepenuhnya menyadari pentingnya menkonsumsi ikan. Hal itu dikatakan Zola saat mengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jambi tahun 2017 dan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Forikan Provinsi Jambi bertempat diruang Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum’at (29/12/2017).

“Mudah saja (Membuktikannya Red”) Kalau kita lihat diresepsi setiap hari minggu itu lebih banyak menunya daging sapi ayam, ikannya ada tapi jarang sekali,” Kata Zola.

Lebih dari sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari, kebiasaan mengkonsumsi ikan menurut Zola sangat bermanfaat bagi kesehatan dan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal mengingat kansungan vitamin yang ada pada ikan.

“Jepang itu (SDM nya Red”) bisa maju karena sudah terbiasa makan ikan nah kita belum,” Ungkap Zola.

Padahal Jambi salah satu Provinsi penghasil ikan yang banyak baik ikan air tawar maupun ikan lautnya, Sangat disayangkan menurut Zola jika ikan-ikan yang dihasilkan malah lebih banyak dikonsumsi oleh orang-orang luar.

“Produksi dari tahun ketahun insyaallah meningkat, Minat makan ikannya tu masi belum tinggi,” Jelas Zola.

Sementara itu, Ketua Umum Forikan Provinsi Jambi Hj Sherin Tharia Zola dalam sambutannya mengatakan tingkat konsumsi ikan di Provinsi Jambi masih dibawah baik target Nasional maupun target Provinsi.

Untuk itu, ditahun 2018 akan datang Sherin berharap ada upaya dan kerja keras dari Forum ini untuk mengejar ketertinggalan dan mencapai target yang ditentukan.

Ketua Harian Forikan yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman dalam sambutannya mengatakan pada tahun 2016 lalu jumlah konsumsi ikan di Provinsi Jambi mencapai angka 40.31 Kg perkapita pertahun.

“Sementara pada tahun ini masi berkisar 35 kilogram perkapita pertahun,” Kata Tema. (Dik/ Adv)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */