WACANA

Dinas TPHP Galakkan Tanaman Pajalebabe

24
×

Dinas TPHP Galakkan Tanaman Pajalebabe

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 423
0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

SAROLANGUN-Suararakyatnews

Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) secara umum dilaksanakan pemerintah dari pemerintah Desa hingga Kabupaten. Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) mengadakan Musrenbang dengan tujuan menyamakan persepsi di bidang pertanian dan perkebunan dari semua wilayah kecamatan.

Secara khusus acara musrenbang agar pelaksanaan pembangunan pertanian lebih terarah. Kepala Dinas TPHP Kabupaten Sarolangun, Ir. Joko Susilo mengatakan dewasa ini tanaman pertanian tidak lagi menjadi idola bagi masyarakat, “Masyarakat sudah beralih pada tanaman pangan, tanaman holtikultura, peternakan dan perikanan”, kata Joko, usai acara musrenbang pertanian Kamis (9/3) kemarin di Kantor Dinas TPHP Kabupaten Sarolangun.

Berbicara tentang kedaulatan pangan, sebuah keluarga harus berdaulat atas pangannya seperti tanaman padi, jagung dan kedelai ditambah lagi dengan tanaman holtikultura seperti bawang dan cabe artinya hal-hal pokok sebagai masyarakat sebaiknya sudah ada di rumah tangga itu sendiri. “Bertanam cabe tidak memerlukan lahan yang luas, cukup di pollybag dan ternyata lebih terjaga dibandingkan ditanam ditanah. Alasannya, bila dikasih pupuk tidak lari kemana-mana, tetap tertampung di dalam media tanam tersebut”, Urai Joko.

Ir. Joko Susilo Kadis TPHT menjelaskan, Sebagai ujung tombak, keberadaan PPL dinilai masih kurang, “Ternyata PPL masih kurang, menurut pemantauan kekurangannya 32 orang. Begitu juga sarana pendudkung seperti kantor, kendaraan dan jalan menuju kantor”, ungkapnya.

Dalam Musrenbang pertanian yang digelar, Dianas TPHT merumuskan kegiatan untuk tahun 2018 bahwa untuk sektor pertanian kita dengan program khusus padi, jagung, kedelai, bawang dan cabe (pajalebabe)dan didukung oleh PPL dan harus lebih aktif dan menjadi contoh di lapangan. “PPL yang seharusnya satu orang perdesa yang terdiri dari beberapa komoditas unggulan pertanian dan bila PPL  harus menguasai semuanya, ke depannya sumber daya manusianya harus kita tingkatkan, mereka harus mengetahui semua itu, setidaknya dasar ilmunya harus tahu”, tutup Joko. (Jhon Herry)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */