space
space
PENDIDIKAN

Terakreditasi Unggul, Fakultas Kedokteran Unissula Semarang Makin Diminati Di Era Industri 5.0

57
×

Terakreditasi Unggul, Fakultas Kedokteran Unissula Semarang Makin Diminati Di Era Industri 5.0

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 325
0 0
Read Time:4 Minute, 35 Second

Arus globalisasi yang muncul sejak akhir abad ke-19 menjadi tantangan baru bagi manusia. Adapun di Indonesia proses ini terjadi saat masa-masa mulai pembangunan dan mulai masuknya tenaga ahli dari luar negeri.

Bagi tenaga kesehatan, arus globalisasi yang makin cepat bukan menjadi satu-satunya tantangan. Tenaga kesehatan khususnya di Indonesia juga menghadapi tantangan internal. Menyikapi hal ini dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Setyo Trisnadi memaparkan bahwa tantangan internal tersebut seperti masih ada kekosongan tenaga kesehatan di daerah terpencil, atau perbatasan. Sehingga ia berpendapat perlu adanya persiapan untuk menghadapi tantangan-tantangan itu.

“Jadi sebetulnya yang harus diantisipasi adalah tantangan internal dan tantangan eksternal. Apa yang harus dipersiapkan? Yang harus dipersiapkan ya kompetensinya, bahasanya, khususnya untuk menghadapi tantangan global,” ujarnya ketika dihubungi Jumat (25/3/2022) kemarin.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa saat ini era industri 4.0 sudah mulai beranjak ke era 5.0. Era ini dipahami sebagai era peradaban manusia dan teknologi digital tanpa menghilangkan jati diri manusia yang sesungguhnya.

Menurutnya era industri 5.0 fokus pada kualitas akhlak, moralitas, dan kompetensi. Sehingga ia menyatakan kuliah di Unissula merupakan langkah yang pas, karena Unissula tidak hanya komitmen mengembangkan ilmu dan teknologi, namun juga komitmen untuk membangun generasi khaira ummah.

“Mulai dari Yayasan, Universitas, hingga fakultas memiliki visi untuk membangun generasi khaira ummah. Generasi terbaik, yang kemudian menjadi rahmat bagi masyarakat,” paparnya.

Saat ini Kedokteran Unissula memiliki tujuh prodi unggulan yakni Sarjana Pendidikan Dokter (S1) terkareditasi A BAN PT dan terakreditasi internasional, Profesi Dokter terakreditasi A dan terakreditasi internasional, Sarjana Farmasi terakreditasi B, Profesi Apoteker teraktreditasi Baik Sekali, Sarjana Kebidanan terkreditasi B, Magister Biomedik terakreditasi B, dan Profesi Bidan yang juga telah terakreditasi.

Guna mengakomodir perkembangan zaman yang begitu cepat dan kurikulum pendidikan kedokteran yang terus mengalami perubahan, Kedokteran Unissula menerapkan metode pembelajaran yang berbasis kompetensi dengan metode berdasarkan masalah atau Problem-Based Learning (PBL).

“Metode PBL ini memungkinkan mahasiswa mulai tahun pertama memiliki kesempatan mengembangkan kompetensi diri. Selanjutnya di metode ini mahasiswa akan dibagi menjadi kelas-kelas kecil. Sehingga dengan metode ini mahasiswa dituntut untuk aktif dalam memperoleh pengetahuan,” jelasnya.

Selain menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang kompeten dan terampil dalam menjalankan profesinya, Kedokteran Unissula juga memiliki visi tafakkuh fiddin. Yaitu yang selalu mempelajari ilmu agama, mempraktekkannya, kemudian menjadi orang yang agamis.

“Itu harapannya, jadi selain tadi menjadi professional, mempraktikkan ilmu, dan keterampilannya sebagai professional, juga bertakwa dan berakhlak mulia”, ungkap dosen ilmu kedokteran forensik tersebut.

Bukan hanya menerapkan metode pembelajaran yang adaptif, Kedokteran Unissula juga melengkapi SDM dan infrastruktur yang unggul.

“Yang pertama tahun 2024 Kedokteran Unissula 50% dosennya S3. Kemudian yang kedua untuk menyiapkan infrastruktur Kedokteran Unissula membangun gedung baru tujuh lantai yang terkoneksi dengan laboratorium. Di situ juga kita siapkan IT terpusat,” terangnya.

Sebagai salah satu fakultas unggulan, Kedokteran Unissula juga memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar tentang teknologi-teknologi terbaru di bidang kedokteran di luar negeri.

Tercatat saat ini Kedokteran Unissula telah bekerja sama dengan berbagai kampus internasional. Diantaranya Faculty of Medicine And Health Sciences Universiti Sains Islam Malaysia, Department of Plastic And Reconstructive Surgery Korea University/ Korea University College of Medicine, Faculty of Medicine Prince of Songkla University, Faculty of Medicine Gunma University Japan, Bangladesh Journal of Medical Science dan lain-lain.

Selain menjalin kerja sama dengan universitas terkemuka, dan telah terakreditasi internasional ASIC, dan pada tahun 2026 Kedokteran Unissula menargetkan terakreditasi internasional ASEAN.

“Sehingga para alumni yang lulus dari institusi yang terakreditasi unggul, maka peluang kerja itu akan semakin luas. Karena akreditasi itu tetap dilihat di lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Dengan akreditasi internasional tersebut Kedokteran Unissula sangat diminati oleh siswa-siswi SMA. Bahkan menurut Setyo rerata tiga tahun ini rasio pendaftar dengan yang diterima adalah 8:1.

“Kedokteran Unissula sudah berusia 58 tahun sehingga sudah sangat berpengalaman dalam dunia pendidikan. Unissula pernah meraih meraih besar dalam uji kompetensi. Hal itu membuktikan kualitas unggul Kedokteran Unissula,” pungkasnya.

Akreditasi Fakultas Kedokteran Fk Unissula
Program studi file download sertifikat akreditasi prodi kedokteran 2006 2011 image icon sertifikat akreditasi prodi kedokteran 2006 2011 jpeg

Pilihan Fakultas Jurusan Serta Akreditasi Unissula Semarang
Unissula semarang universitas islam yang berada di jawa tengah universita sultan agung adalah seorang raja yang religius dan berkarakter unggul yang

4 Biaya Kuliah Unissula 2022 Akreditasi Jurusan D3 S1 Kursiguru
Unissula sendiri adalah salah satu kampus berbasis agama islam terbaik di jawa tengah tepatnya di kota semarang dimana unissula sudah berdiri sejak

Terakreditasi Unggul Fakultas Kedokteran Unissula Semarang
5 hours ago kedokteran unissula menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang kompeten dan terampil dalam menjalankan profesinya

Prodi Mkn Unissula Raih Predikat Akreditasi Unggul Notary News
Semarang notary id akrditasi program studi menjadi satu bentuk pengakuan eksternal masyarakat atas mutu pendidikan lembaga pendidikan tak bisa dilepaskan

Universitas Islam Sultan Agung Quipper Campus
Universitas islam sultan agung atau yang disingkat menjadi unissula ini adalah salah satu universitas swasta di semarang yang telah terakreditasi oleh

Akreditasi Program Studi Universitas Islam Sultan Agung
No fakultas program studi jenjang akreditasi 1 fakultas kedokteran kedokteran umum 6 fakultas hukum ilmu hukum s1 unggul asic

Kedokteran Unissula Semarang Semakin Diminati Di Era Industri 5 0
4 hours ago sehingga para alumni yang lulus dari institusi yang terakreditasi unggul maka peluang kerja itu akan semakin luas karena akreditasi itu tetap

Siap Grak Terakreditasi Unggul Fakultas Kedokteran Unissula
5 hours ago siap grak terakreditasi unggul fakultas kedokteran unissula semarang makin diminati di era industri 5 0 09 26 26 03 2022 siap grak

Universitas Islam Sultan Agung Post Facebook
Fakultas kedokteran unissula mengadakan sosialisasi dan pengabdian manajemen mm fakultas ekonomi fe unissula sudah terakreditasi unggul dari ban pt

Lulusan Kedokteran Unissula Digadang Tingkatkan Hdi Lldikti
Patut bergembira karena para lulusan yang dihasilkan fakultas kedokteran unissula kali ini progdinya telah terakreditasi a unggul begitu

sumber : tribunnews

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */