Senin, September 26Suara Rakyat News
Shadow

Ekonom: Softbank Mundur Dari Proyek IKN Karena Ada Risiko Politik Di Masa Datang

Page Visited: 144
0 0
Read Time:10 Minute, 23 Second

JAKARTA – Softbank memutuskan mundur dari partisipasi investasinya di proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai ada indikasi kuat risiko politik pembangunan IKN cukup tinggi di masa datang hingga membuat Softbank menarik diri.

“Terlebih, kegaduhan belakangan soal perpanjangan masa jabatan Presiden membuat investor memilih wait and see. Investasi di IKN bukan jangka pendek, tapi butuh kepastian jangka panjang,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada , Minggu (13/3/2022).

Dikhawatirkan, risiko politik terkait penundaan Pemilu tersebut akan membuat proyek IKN terkendala, bahkan juga bisa saja berhenti total.

Namun di sisi lain, Bhima mengungkapkan, Softbank sendiri telah memiliki masalah keuangan internal, bahkan sebelum masa pandemi.

“Kerugian Softbank dari Wework tahun 2020 dam Alibaba tahun 2021 belum bisa tergantikan hingga saat ini,” katanya.

Mundurnya Softbank ini juga dinilainya memberi sinyal kepada investor, bahwa strategi perusahaan akan lebih fokus terhadap pendanaan startup digital.

“Softbank akan lebih fokus ke pendanaan startup, bukan proyek pemerintahan,” pungkas Bhima.

Mundurnya Softbank dari proyek IKN sebelumnya diberitakan oleh media Jepang, Nikkei Asia.

“Kita tidak lagi berinvestasi pada proyek ini (IKN Nusantara), tapi kita tetap melanjutkan investasi di Indoensia melalui perusahaan portofolion kami, SoftBank Vision Fund,” ujar SoftBank dikutip dari Nikkei Asia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perpindahan ibu kota Jakarta pada 2019.

CEO SoftBank Masayoshi Son menjadi anggota dari pengarah proyek tersebut dengan Pangeran Abu Dhabi, Mohammed bin Zayed Al Nahyan, serta mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair.

Lalu pada 2020, Son bertemu dengan Jokowi di Jakarta untuk mendiskusikan potensi terkait proyek pemindahan ibu kota tersebut.

“Smart city baru, teknologi terbaru, kota yang bersih dan penuh dengan AI (Artificial Intelligence). Hal tersebutlah yang membuat saya tertarik untuk mendukung (berinvestasi),” ujar Son.

Hanya saja terkait dana investasi yang dianggarkan, Softbank tidak mengatakannya kepada publik.

Sebagai informasi, SoftBank adalah investor mayoritas dalam proyek pembangunan IKN Nusantara bersama dengan perusahaan teknologi seperti GoTo dan Grab yang dikenal di Indonesia.

Sementara SoftBank Vision Fund saat ini berinvestasi di perusahaan asal Singapura, Funding Societies yang mengoperasikan pinjaman digital di Indonesia dan negara di Asia Tenggara lainnya.

Luhut Berujar soal Investasi SoftBank

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan berujar bahwa SoftBank bakal menjadi investor pembangunan IKN Nusantara.

Luhut berkata investasi yang ingin ditanamkan oleh SoftBank sebesar 100 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 1.400 triliun dikutip dari .

Ia merasa kaget dengan nilai investasi bombastis tersebut. Pernyataan Luhut tersebut langsung ditepis oleh Masayoshi Son.

Ia mengatakan belum menentukan nilai investasi dalam rencana pembangunan IKN baru di Indonesia pada saat itu.

Son juga menyatakan pihaknya baru mendiskusikan potensi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur dan mengaku tertarik dengan konsep kota pintar ibu kota baru tersebut.

“Kami belum memutuskan angkanya, kami baru mendiskusikannya, potensi-potensinya,” ujar Masayoshi setelah bertemu dengan Presiden Jokowi pada 10 Januari 2020.

Ia kembali menegaskan dalam pertemuan dengan Jokowi, kedua pihak sama sekali tidak mendiskusikan penanaman modal pembangunan IKN baru.

“Kami tidak mendiskusikan angka pasti. Tapi diskusi soal konsep kota pintar dengan teknologi baru, kota hijau, dan juga pengembangan AI.”

“Itu yang saya tertarik untuk dukung,” jelas Son.

Di sisi lain, Kepala dan Wakil Otorita IKN Nusantara telah dilantik oleh Presiden Jokowi pada Kamis (10/3/2022) lalu.

Bambang Susantono mengemban jabatan sebagai Kepala Otorita dan Donny Rahajoe sebagai wakilnya.

Dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Bambang memberikan keterangan bahwa Jokowi menginginkan agar IKN dapat membangun peradaban baru yang merefleksikan kota Indonesia di masa depan.

“Bapak Presiden mengharapakan tentu ini kota akan menjadi satu kota yang dapat merefleksikan kota Indonesia di masa depan, di mana tentu saja semua tantangan dan refleksi ke masa depan kita akan terangkum di dalam kota ini,” jelas Bambang.

“Bagaimana kota ini dikelola, bagaimana interaksi antar warga, bagaimana digitalisasi mewarnai kota tersebut,” imbuhnya.

Kemudian, Bambang menyatakan, pembangunan IKN tidak hanya memperhatikan pembangunan fisik tetapi juga interaksi antar warga.

“Ini kota yang harus humanis, harus mengedepankan interaksi, kerekatan sosial, kohesivitas antar warganya,” kata Bambang.

Dirinya juga menambahkan bahwa kerjasamanya dengan Donny Rahadjoe ingin mewujudkan keinginan Jokowi yang lainnya yaitu menjadi kota percontohan di Indonesia hingga dunia.

Selanjutnya, akan memulai tugasnya dengan membangun Nusantara yang inklusif, hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

“Titipan dari Bapak Presiden salah satunya, kota itu harus membangun satu peradaban baru.”

“Beliau menginginkan kota ini menjadi kota percontohan yang tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga kalau bisa it’s global city,” pungkasnya.

Laporan: Yohanes Liestyo Poerwoto/Theresia Felisiani

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Said Didu Sebut Pemerintah Jadi
Kami tidak lagi berinvestasi pada proyek ini ikn nusantara tapi kami tetap melanjutkan investasi di suara com perusahaan telekomunikasi dan media dari jepang softbank group mengumumkan pihaknya tidak lagi berinvestasi di proyek ibu kota negara ikn nusantara pada jumat 11 3 2022

Softbank Batal Investasi Di Ikn Ekonom Hal Yang Wajar
Softbank group corp menyatakan mundur menjadi investor proyek pemindahan ibu kota negara baru ikn indonesia dikutip dari laman nikkei asia pada sabtu 12 3 softbank mengumumkan pembatalan investasi di proyek ikn tidak ada rincian alasan pembatalan investasi itu tetapi

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Pakar Investor Hindari Hukum
Mundurnya softbank dari proyek ibu kota negara ikn nusantara menurut managing director karena ikn banyak masalah hukum melanggar uud dan kedaulatan daerah sedang dalam diterangkan ekonom senior ini yang mau investasi di proyek bermasalah hukum dan penuh kkn

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Karena Isu Masa Jabatan
Jawapos com softbank group memutuskan mundur dari proyek pembangunan ibu kota negara ikn nusantara di kalimantan timur kaltim kerugian softbank dari wework tahun 2020 alibaba tahun 2021 belum bisa tergantikan hingga saat ini ujar bhima yudhistira ketika dihubungi

Ekonom Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Karena Ada Risiko
Sebagai informasi softbank adalah investor mayoritas dalam proyek pembangunan ikn nusantara bersama dengan perusahaan teknologi seperti goto dan grab yang dikenal di indonesia sementara softbank vision fund saat ini berinvestasi di perusahaan asal singapura

Softbank Mundur Sebagai Investor Ikn Ppp Jadi Pr Pertama Duet
Mundurnya softbank maka ikn kehilangan nilai investasi sebesar usd100 miliar karena itu jangan sampai dengan ini pemerintah menggantikan batalnya investasi softbank dengan apbn belum diketahui sebab alasan softbank mundur softbank meneruskan proyek tersebut tetapi

Softbank Mundur Dari Investasi Proyek Ikn Nusantara Foto Humas
Jpnn com ekonomi investasi softbank group mundur nasib ikn bagaimana direktur center of economic and law studies celios bhima yudhistira membeberkan sejumlah risiko mundurnya softbank dari proyek ikn nusantara

Softbank Group Mundur Dari Investasi Proyek Ikn Suara Surabaya
Softbank group corp perusahaan asal jepang mengurungkan niat untuk terlibat dalam proyek pemindahan ibu kota baru ikn indonesia ke kalimantan timur padahal softbank termasuk satu di antara calon investor yang mengajukan diri untuk berinvestasi pada tahun 2020 lalu

Softbank Mundur Dari Ikn
Softbank mundur dari ikn written by m78 monday march 14 2022 15 00 softbank mengkonfirmasi tidak akan berinvestasi di proyek ikn baca juga sampai kapan minyak goreng langka biden minta masyarakat as siap siap kondisi ekonomi

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Anthony Keuangan News
Mulai dari masalah hukum dan konstitusi uud 1945 hingga kedaulatan daerah softbank mundur dari proyek ikn sangat bijak karena ikn banyak masalah hukum melanggar uud dan kedaulatan kaerah sedang dalam gugatan masa depan tidak pasti kata managing director political economy

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Investasi Usd 100 Miliar Gagal
Keputusan softbank untuk mundur dari ikn cukup mengejutkan berita ini bahkan menjadi breaking news di media terkemuka jepang nikkei kami tak akan investasi di proyek ini ikn tapi kami akan melanjutkan investasi di indonesia melalui portofolio perusahaan softbank vision fund tulis

Softbank Urungkan Niat Terlibat Dalam Proyek Ikn Tvone
Seiring dengan mundurnya softbank dari proyek ikn pemerintah pun masih mengkaji struktur organisasi otorita yang akan mengurusi pembangunan ibukota struktur otoritas ikn akan tertuang dalam perpres saat ini bappenas bersama kementerian dan lembaga lain sedang menyiapkan

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Karena Risiko Politik
Ekonom center of economic and law studies celios bhima yudhistira menilai mundurnya softbank dari ikn baca juga softbank mundur dari pendanaan proyek ikn nusantara kenapa kerugian softbank dari wework pada 2020 alibaba pada 2021 belum bisa tergantikan hingga saat ini

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Bagaimana Bisnis Tempo Co
Namun seiring dengan mundurnya softbank dari proyek ikn pemerintah pun masih mengkaji struktur organisasi otorita yang akan mengurusi pembangunan ibu kota sidik menjelaskan struktur otorita ikn akan tertuang dalam peraturan presiden perpres saat ini bappenas bersama

Softbank Mundur Dari Investasi Ikn Kenapa
Jakarta cnbc indonesia softbank group dikabarkan batal berinvestasi dalam proses pemindahan ibu kota negara indonesia ke kalimantan timur pembatalan investasi tersebut disampaikan oleh pihak softbank pada jumat 11 maret pekan lalu selengkapnya dalam program squawk box cnbc

Softbank Mundur Dari Pendanaan Proyek Ikn Nusantara Kenapa
Tetapi tiba tiba softbank memutuskan mundur padahal ceo softbank masayoshi son sudah ditunjuk presiden joko jokowi widodo sebagai dikutip dari laman bloomberg sabtu 12 3 2022 mundurnya softbank dari pendanaan proyek ikn disampaikan luhut ketika diwawancarai pada

Softbank Mundur Dari Investor Ikn Ppp Ingatkan Pemerintah Tidak
Karena keterlibatan softbank diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan dunia internasional pr ini untuk memastikan keberlanjutan proyek ikn yang ramah investor dan tidak membebankan foto ketua dpp ppp achmad baidowi net softbank mundur dari investor ikn ppp ingatkan

Softbank Mundur Rei Sebut Konsorsium Asing Lirik Proyek Ikn
Menurutnya meskipun softbank mundur dari proyek ikn tetapi pembangunan ikn ini tetap berjalan dan masih banyak investor luar negeri yang tertarik dan siap dalam untuk menggarap proyek ikn nusantara baca juga softbank cabut dari ikn ekonom sarankan hal ini

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Nusantara Karena Youtube
Pihak kantor staf presiden ksp membenarkan bahwa perusahaan keuangan asal jepang softbank mundur dari proyek pembangunan ibu kota negara

Softbank Batal Investasi Di Proyek Ikn Stockbit Snips
Ini bukan pertama kalinya softbank mundur dari proyek berbiaya mahal yang dipimpin pemerintah pada 2018 softbank dan arab saudi nasabah setuju untuk membebaskan stockbit dari segala gugatan hukum jika terjadi kerugian nasabah yang disebabkan karena risiko investasi tersebut

Softbank Mundur Dari Investasi Proyek Ikn Indopos Co Id
Kerugian softbank dari wework tahun 2020 alibaba tahun 2021 belum bisa tergantikan hingga saat ini betul mangkrak kecuali bisa cari investor pengganti kata ekonom dan direktur center of menurutnya mundurnya softbank memberi sinyal kepada investor di balik softbank bahwa strategi

Faktor Apa Saja Yang Pengaruhi Softbank Mundur Investasi Dari
Mundurnya softbank memberi sinyal kepada investor dibalik softbank bahwa strategi perusahaan akan lebih fokus pada pendanaan startup digital bukan investasi di ikn bukan jangka pendek tapi butuh kepastian jangka panjang dikhawatirkan risiko politik terkait pemilu akan membuat proyek ikn

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Nusantara Niaga Asia
Ceo softbank masayoshi son softbank group tidak berinvestasi dalam proyek indonesia untuk kendati demikian mereka tetap berkomitmen untuk mendukung perusahaan rintisan di ekonomi pada januari 2020 son bertemu dengan widodo di jakarta untuk membahas proyek proyek

Softbank Hengkang Dari Proyek Ikn Karena Ada Yang Prfm News
Mundur dari proyek pembangunan ikn akhirnya menjadi suatu tantangan bagi pemerintah indonesia karena dana investor memang menjadi menurut said didu tak hanya softbank ada beberapa yang dianggapnya memang belum jelas bahkan ibarat tanaman dia menyebut x27 layu x27 sebelum mekar

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Karena Isu News Summed Up
10k shares share tweetnkriku softbank group memutuskan mundur dari proyek pembangunan ibu kota negara ikn nusantara di menurut bhima yudhistira faktor lain yang menyebabkan softbank mundur dari proyek ikn nusantara disinyalir ada campur tangan politik

Softbank Mundur Dari Investasi Proyek Ibu Kota Baru
Ceo softbank masayoshi son sempat ditunjuk sebagai anggota komite pengarah untuk proyek tersebut perusahaan asal jepang softbank group menegaskan mereka tidak jadi berinvestasi dalam proyek indonesia untuk membangun ibu kota negara ikn baru di penajam paser utara

Softbank Mundur Dari Ikn Pemerintah Sebut Tak Republika Online
Republika co id jakarta softbank menyatakan mundur dari proyek pembangunan ibu kota negara ikn nusantara di kalimantan timur ketua tim komunikasi ibu kota negara ikn sidik pramono menyampaikan pemerintah tak akan hanya bergantung pada satu calon investor saja

Mundur Dari Proyek Ikn Berikut Deretan Investasi Softbank Di
Nkriku jakarta softbank group yang dikomandoi oleh masayoshi son menyatakan mundur dari proyek ibu kota baru atau ibu kota negara ikn nusantara nkriku jakarta berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang ahad kemarin 13 maret 2022 dimulai dari kominfo menyiapkan

Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Said Didu Sebut Kang Badar
Kami tidak lagi berinvestasi pada proyek ini ikn nusantara tapi kami tetap melanjutkan investasi di indoensia melalui perusahaan portofolion kami softbank vision fund ujar pernyataan softbank menanggapi hal ini mantan sekretaris kementerian bumn muhammad said didu menyindir bahwa

Ekonom Softbank Mundur Dari Proyek Ikn Karena 123ru Net
World news in indonesian ekonom softbank mundur dari proyek ikn karena ada risiko politik di masa datang.

Sumber : https://www.tribunnews.com/

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: