Rabu, Oktober 27Suara Rakyat News
Shadow

Warga Sungai Gedang Resah, Beruang Masuk Kebun karet

Page Visited: 591
0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

SAROLANGUN-Suararakyatnews.com,

Warga Dusun 2 Terusan Desa Sungai Gedang Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun, resah dengan kemunculan tiga ekor beruang madu (Helarctos malayanus) yang memasuki kebun karet sehingga mengganggu aktivitas petani untuk menyadap karet.

“Sudah lebih dua minggu ini kawanan beruang itu masuk ke kebun karet petani didaerah Sungai Batang, tepatnya dibelakang Puskesmas Singkut 5 yang berjarak sekitar 500 sampai 1000 meter dari pemukiman warga, kami sangat was-was, tidak berani menyadap karet, takut jadi korban terkaman beruang” kata Aguscik pada awak Media ini pada Jumat (17/7/2020) malam.

Kawanan beruang tersebut menurut penuturan Aguscik, selain membuat Petani ketakutan, juga merusak batang karet petani, selain itu seorang petani bernama Awi warga Simpang Nibung Kecamatan Singkut yang nyadap karet H.Ibrahim nyaris jadi korban sang Beruang.

“Alhamdulillah dia (Awi-red) dapat lolos dari kejaran sang beruang, banyak saksi yang melihat beruang lebih dari satu ekor, ada yang melihat 2 ekor ada bilang 3 ekor, sebab beruang tersebut sedang beranak muda. Hampir setiap hari warga sekitar selalu mendengar raungan kawanan beruang tersebut” papar Aguscik.

Lebih lanjut dikatakan Aguscik. sampai saat ini belum ada upayah untuk menghalau satwa liar tersebut kembali ke dalam hutan, warga sudah melaporkan keberadaan beruang tersebut ke Pamdes Sungai Gedang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat termasuk berkirim surat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Merangin.

“Kami juga sudah buat surat ke BKSD Merangin, tapi nampaknya belum ada tanggapan, apa harus menunggu ada korban jiwa dulu, baru ada tindakan.” Ucap Aguscik yang juga Anggota BPD Sungai Gedang sembari berharap ada tindakan cepat dari Instansi terkait untuk menangkap atau menghalau kawanan beruang yang membuat resa petani tersebut. (Aang)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: