Jumat, November 27Suara Rakyat News
Shadow

Kemenag Merangin Minta Masyarakat Tunda Akad Nikah Selama Wabah Virus Corona.

Page Visited: 77
0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

MERANGIN-Suararakyatnews.com,

Kepala Kementerian agama Kabupaten Merangin H Marwan Hasan berharap agar masyarakat dapat menunda atau menjadwal ulang rencana pelaksanaan pernikahannya (akad nikah) selama darurat COVID-19.

Sesuai dengan surat edaran dari Dirjen Bimas Islam Kementerian agama RI per 1 April 2020. Permohonan pelaksanaan akad nikah di masa darurat COVID-19 untuk pendaftaran baru tidak dilayani, “Kami meminta masyarakat untuk menunda pelaksanaannya,” kata H Marwan kepada awak media Selasa (07/04/2020).  

H Marwan mengatakan, pelaksanaan akad nikah hanya dilayani bagi calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri sebelum 1 April 2020. Itupun pelayanan akad tersebut hanya boleh dilaksanakan di KUA, bukan di luar KUA.”Aturan ini dibuat dalam kondisi kedaruratan kesehatan karena wabah COVID-19. Saya harap masyarakat bisa memahami dan memakluminya,” kata Marwan.

“Kita menghindari kerumunan keluarga. Kalau kita laksanakan pernikahan  di rumah sudah pasti banyak yang hadir, tetapi kalau di kantor tamunya terbatas,” ujarnya.

“KUA juga bisa membatalkan acara akad nikah apa bila saksi atau pengantin yang hadir tidak mengindahkan SOP kedaruratan Covid-19, seperti masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tambah Marwan lagi.

Selama isu Virus Corona ini merebak, jumlah pengajuan dari masyarakat untuk permohonan akad nikah di KUA turun drastis daripada sebelumnya.

“Yang jelas jauh berkurang, sebab mau nikah tidak bisa mengadakan pesta resepsi dan mengundang tamu, sementara pernikahan kebiasaan dimasyarakat kita  merupakan acara sakral, dan banyak mengundang saudara dan kerabat, karena ada wabah virus corona ini acara tidak bisa dilakukan. Yang bisa hanya melakukan akad nikah saja, itu pun di KUA tidak di rumah,” terangnya.

Dilanjut Marwan, pendaftaran untuk akad nikah distop hingga 21 April 2020, namun jika situasi tidak memungkinkan karena Virus Corona, tidak menutup kemungkinan penyetopan diperpanjang. (PERI).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: