Selasa, Oktober 27Suara Rakyat News
Shadow

Karena Virus Corona, Sebagian Warga Binaan Lapas Kelas II B Bangko Bebas

Page Visited: 21
0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second

MERANGIN-Suararakyatnews.com,

Sebanyak 30.000 Narapidana dewasa dan anak di seluruh  Indonesia keluar penjara lebih cepat dari waktu yang seharusnya akibat penyebaran virus Corona atau penyakit Covid-19.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly memutuskan akan mengeluarkan sebagian narapidana dari penjara untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam penjara.

Ketentuan itu diatur dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM bernomor M.HH-19.PK/01.04.04 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Dalam kepmen tersebut dijelaskan, salah satu pertimbangan dalam membebaskan para tahanan itu adalah tingginya tingkat hunian di lembaga pemasyarakatan, lembaga pembinaan khusus anak, dan rumah tahanan negara sehingga rentan terhadap penyebaran virus Corona.

Begitu juga warga binaan Lapas Kelas IIB Bangko, sudah sebanyak 38 Narapidana yang dibebaskan setelah adanya Kepmen dari Kementerian Hukum dan HAM. Mereka dibebaskan sebagai langkah mencegah penyebaran dan mengurangi risiko penularan virus Corona (COVID-19).

“Sementara yg tidak bisa di bebaskan adalah Narapidana dan anak yang terkait dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan” kata Bejo Kalapas Kelas IIB Bangko, Sabtu (4/4/2020).

Narapidana yang dibebaskan itu juga bukan merupakan napi dalam kasus korupsi, teroris ataupun narkoba yang hukumannya lebih dari lima tahun.

“Dari total warga binaan yang mencapai 365 di dalam lapas ini. Nantinya hanya 77 warga binaan yang akan dibebaskan dengan bertahap, hari ini (04/04/2020) rencananya kita bebaskan 2 orang lagi. 

Mereka pulang dijemput keluarga dan berdiam dirumah, petugas kami akan mengecek melalui telepon atau video call” tandas Bejo.  (PERI).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: