Al Haris : Untuk Menuju Desa Mandiri Butuh Inovasi dan Kreativitas Perangkat Desa

MERANGIN-Suararakyatnews.com,

Sebayak 106 orang Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Merangin, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) yang berlangsung dari Rabu (04/12/2019) sampai Minggu (08/12/2019) di Hotel Barza Yogyakarta.

Bimtek tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas kerja para penyelengara Pemerintahan Desa. “Carilah ilmu melalui bimtek ini, untuk membangun desa bapak-bapak sekalian,” pinta Bupati Merangin H Al Haris.

Membangun desa lanjut bupati, merupakan tanggungjawab bersama, antara Kades, Perangkat Desa dan masyarakat, sehingga akan terbentuk Desa Mandiri yang Mantap.

Ditegaskan bupati, untuk membentuk Desa Mandiri yang Mantap itu, tentunya dibutuhkan inovasi dan kreativitas oleh seluruh perangkat desa dalam membangun desanya, untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu mari kita berkomitmen bahwa keberhasilan pembangunan di Kabupaten Merangin dimulai dengan keberhasilan pembangunan Desa yang merupakan ujung tombak pemerintahan,” tegas Bupati.

Bupati berharap kekompakan, profesionalitas, integritas dan harmonisasi antar perangkat desa serta menghindari konflik dan arogansi dalam kepentingan pribadi. Kades dengan BPD harus satu langkah.

Kades dengan BPD harus samakan cara pandang dalam membangun desa. Kades harus peka terhadap keinginan masyarakatnya. BPD harus menjalankan peran pengendali dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan,” pinta Bupati lagi.

Pada kesempatan itu bupati berpesan kepada Kades dan BPD yang menjadi peserta Bimtek, untuk serius dalam mendengarkan materi serta berharap apa yang didapat pada observasi lapangan nantinya dapat diterapkan di desa masing-masing. (PERI)

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.