Kalapas Bangko Kalrifikasi Masalah Izin Tahanan Keluar Dari Lapas Yang Sempat Viral Di Medsos

MERANGIN-Suararakyatnews.com,

Tudingan terhadap Kalapas kelas II B Bangko tidak punya Prikemanusiaan dan tega tidak memberi izin terhadap salah satu tahanan untuk melepas kepergian orang tuanya yang meninggal yang beredar di Media Sosial akhirnya di klarifikasi oleh Kalapas Kelas II B Bangko.

Menanggapi berita yang viral di sosial media dan bahkan beredar di media On Line, Kalapas Kelas II B Bangko Suroto pada Senin (02/12/2019) bertempat di Aula Lapas Kelas II B Bangko kepada para awak media baik cetak, On Line dan Elektronik mengatakan, “Itu semua tidak benar, sebenarnya pihak Lapas tidak berhak memberi izin kepada tahanan titipan dari Kejaksaan atau pengadilan untuk keluar dari Lapas.

“Itu tidak benar. Kita tidak punya hak memberi izin untuk mengeluarkan tahanan titipan, sedangkan beliau itu adalah tahanan titipan jadi yang berhak memberi izin keluar adalah pihak yang menahan. Beda kalau tahanan tersebut sudah menjadi terpidana, kami baru bisa memberinya izin, sebenarnya kami dari pihak Lapas juga tidak tega, tapi kalau ini kami lakukan akan berbenturan dengan aturan,”terang Kalapas Bangko Suroto.

Bahkan ia pun sempat di Telepon oleh Bupati Merangin dan Anggota DPRD Merangin atas kejadian yang sempat viral ini.

“Saya juga sempat ditelepon Bupati dan Anggota DPRD. Dan saya katakan kepada beliau bahwa pihak Lapas tidak punya kewenangan untuk memberi izin keluar dari Lapas terhadap tahanan titipan, karena yang berhak memberi izin tersebut adalah pihak yang menahan, jika kita ambil kebijakan, kita bisa disalahkan oleh atasan kita,” jelasnya. (PERI).

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan