space
PEMERINTAHAN

Sekda Harapkan Masyarakat Semangkin Peduli Terhadap Lingkungan

27
×

Sekda Harapkan Masyarakat Semangkin Peduli Terhadap Lingkungan

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 500
0 0
Read Time:1 Minute, 47 Second

JAMBI-Suararakyatnews.com,

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.HM.Dianto,M.Si berharap agar generasi kini dan mendatang semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan, sebagai upaya untuk mendukung dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Harapan tersebut dikemukakannya saat membuka Kegiatan Program Kepemimpinan Berwawasan Lingkungan (Environmental Leadership Programme) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, di Aula Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jambi, Rabu (13/11) pagi.

Sekda mengharapkan sekaligus menekankan supaya para peserta acara yang berasal dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, serta 15 orang kepala sekolah SLTA benar-benar mempunyai kesadaran akan pentingnya kepemimpinan yang berwawasan lingkungan, yang memiliki kepekaan terhadap kondisi lingkungan dan berupaya melestarikan lingkungan.

Kepemimpinan yang berwawasan lingkungan, kata Dianto, juga merupakan bagian dari upaya untuk mewariskan hal yang positif kepada genetrasi selanjutnya.

Sekda mengungkapkan, kasus kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, tercemanya Sungai Batanghari akibat Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), dan penambangan illegal (illegal drilling), dan permasalahan sampah khususnya sampah plastik di Provinsi Jambi, memberikan pelajaran berharga pada kepemimpinan berkelanjutan, kepemimpinan yang berwawasan lingkungan.

“Dalam mengambil keputusan suatu kegiatan, seorang pemimpin harus memperhatikan 3 aspek, yaitu: aspek ekonomi dapat menguntungkan, aspek teknis dapat dijalankan, dan aspek lingkungan tidak merusak lingkungan.” jelas Sekda.

Aspek lingkungan yang perlu dipertimbangkan antara lain, beber Sekda, Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan (DDTL), kesesuaian tara ruang, Kajian LIngkungan Hidup Strategis (KLHS), dan kajian lingkungan hidup secara komprehensif.

Ketua Panitia, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jambi, Dr.Evi Frimawati,S.Pt,M.Si menyampaikan, penanggulangan permasalahan lingkungan sangat penting, namun masih sulit memberikan pemahaman tentang wawasan lingkungan dalam rapat-rapat.

Evi menyatakan, DLHD Provinsi Jambi mendatangkan narasumber dari pusat, yakni: 1.Sulistianingsih Sarassetiawati,SE,M.Sc (Kasi Penyusunan Neraca SDA Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), 2.Dr.Joko Tri Haryanto (Badan BKF Kemenkeu RI), dan Dr.dr.Tri Edhi Budhi Soesilo,M.Si (Wakil Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan UI).

Dan, lanjut Evi, selain peserta dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, juga diundang 15 kepala sekolah SLTA, kaitannya dengan program lingkungan di sekolah yaitu Adi Wiyata.

Sumber : Humas Pemprov Jambi
Editor : Agon

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */