Senin, Mei 10Suara Rakyat News
Shadow

Akibat Kemarau, Sungai Rawas Mengering

Page Visited: 196
0 0
Read Time:1 Minute, 17 Second

MURATARA-Suararakyat.news.com,

Pantawan wartawan dilapangan Jumat (2/8/2019) akibat kemarau, saat ini air sungai Rawas diwilayah Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai mengering.

Dampak dari mengeringnya sungai Rawas akan mengakibatkan air sungai menjadi kotor dan taklayak untuk dikonsumsi, karna sungai rawás pada saat kemarau akan tercemari oleh sampah, kotoran manusia, pasalnya masyarakat masi melakukan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan bahkan zat kimia.

Eka, warga Kelurahan Bingin Teluk pada Wartawan mengatakan, biasanya pada saat musim kemarau, penyakit masyarakat akan selalu muncul, yaitu dengan melakukan pemutasan (meracuni sungai dengan mengunakan zat kimia) untuk mencari ikan sebanyak mungkin, dan ini sangat sulit dihentikan sekalipun larangan himbauan terus dilakukan pihak Pemerintah.

Hal semacam inilah yang terus menjadi keluhan bagi masyarakat yang tinggal dibantaran sungai rawas, karna dengan mengkonsumsi air sungai rawas untuk diminum akan menimbulkan penyakit diare (Munta birak), jika digunakan untuk mandi akan menimbulkan penyakit gatal-gatal pada kulit.

Sebagai masyarakat kecil, kami hanya berharap pada pihak Pemerintah Kecamatan dan pihak berwajib untuk melakukan kontrol keliling dibantaran sungai rawas, dengan demikian masyarakat tidak berani meracuni sungai, jelas Eka.

M.Syukur, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Rawas Ilir saat dikonfirmasi wartawan mengenai hal itu mengatakan, kami akan berkordinasi dengan pihak kepolisian, TNI, dan pemerintah desa/kelurahan, agar terus memberi himbawan pada masyarakat supaya tidak melakukan pemutasan sungai rawas.

Dan akan melakukan patroli keliling sepanjang bantaran sungai rawas diwilayah Kecamatan Rawas Ilir, apalagi saat ini penyentruman ikan masih sajah terjadi, sebagai pemerintah kecamatan kami berkewajiban penuh untuk memikirkan kesehatan dan keamanan masyarakat. (Andry Taufiq)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: