space
space
INFRASTRUKTUR

Kondisi Poskesdes Memprihatinkan, Masyarakat Enggan Berobat Ke Tempat ini

81
×

Kondisi Poskesdes Memprihatinkan, Masyarakat Enggan Berobat Ke Tempat ini

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 581
0 0
Read Time:1 Minute, 18 Second

​MURATARA-Suararakyatnews, 

Pos Kesehatan Masyarakat (Poskesdes) adalah tempat bagi Masyarakat Desa untuk memperoleh Pelayanan Kesehatan Dasar, serta penyuluhan bagi Masyarakat Desa tentang pentingnya kesehatan melalui kegiatan promotif, preventif dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan terutama Bidan dengan melibatkan para kader Desa sehingga Poskesdes harus menjadi tempat yang nyaman bagi Masyarakat.

Namun kenyataannya masih ditemukan Poskesdes yang tidak pernah dikunjungi oleh Masyarakat yaitu Poskesdes Kerta Dewa Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) penyebabnya adalah bangunan yang dibangun pada pertengahan tahun 90an itu kondisi bangunannya sangat memprihatinkan karena bangunan Poskesdes tersebut tidak pernah rampung.

Dikatakan M.Taher Ketua DPD LSM Pemantau Kebijakan dan Pembangunan Daerah ( PKPD) Kabupaten Muratara yang juga Tokoh Masyarakat setempat kepada Suararakyatnews mengatakan. “Macam mano Masyarakat nak berobat ketempat itu, tinggok dewek bangunannyo sejak dibangun dak pernah selesai, macam dinding dak rampung, pintu dak dipasang, jendelo dak dipasang, lantai dak dikerjokan, sumur dak katek, WC dak katek, dan ruangan apo pun dak katek, cubo jinggok deweklah bangunan cuma ado atap samo dinding yang dak selesai” ungkap M.Taher.

Ditambahkannya,” Pemkab Muratara dak biso membiarkan kondisi seperti ini, sebab melalui Poskesdes atau Pustu Masyarakat biso mendapatkan pelayanan kesehatan dasar, terutamo ibu hamil, selain Poskesdes tersebut kami jugo berharap Puskesmas Pembantu (PUSTU) di Desa Pulau Lebar Kecamatan Rawas Ulu jugo dilakukan Rehabilitas. sebab Pustu tersebut jugo adolah satu-satunyo tempat pelayanan Kesehatan bagi Masyarakat Desa Kerta Dewa dan Desa Pulau Lebar, sejak belasan tahun anak cucung kami kalu sakit terpakso berobat ke Puskesmas Induk di Kelurahan Surulangun yang jaraknyo cukup jauh.” Harap Mantan Kades Pulau Lebar ini. (Aang)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */