WAHANA

Presiden Jokowi Hadiri Puncak Hari Pers Nasional 2024 dan HUT PWI di Ancol

135
×

Presiden Jokowi Hadiri Puncak Hari Pers Nasional 2024 dan HUT PWI di Ancol

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 104
0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

JAKARTA-Suararakyatnews.com,

Presiden Joko Widodo menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (20/2/2024). Berdasarkan pantauan dilokasi acara, Jokowi beserta rombongan tiba di lokasi acara pada pukul 16.00 WIB.

Tampak turut hadir dalam acara Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sebagai catatan, HPN yang diperingati setiap 9 Februari menjadi salah satu pijakan jurnalisme di tanah air. Peringatan ini sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang dibentuk sejak 1946.

Eksistensi wartawan Indonesia semakin teguh dalam perannya mewujudkan cita-cita kemerdekaan, sekaligus sebagai salah satu pilar demokrasi. HPN juga merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Peringatan HPN menjadi salah satu hasil dari Kongres PWI ke-28 yang berlangsung di Padang pada 1978. Awalnya, hal ini tercetus dari keinginan tokoh-tokoh Pers untuk memperingati eksistensi dan peran Indonesia dalam lingkup nasional.

Tujuh tahun kemudian, 9 Februari yang merupakan hari lahir PWI secara resmi ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional. Hal ini tertuang melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional. Hingga kini, 9 Februari diperingati sebagai HPN sekaligus HUT PWI.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut memeriahkan Hari Pers Nasional 2024 melalui rangkaian kegiatan menarik. Mulai dari seminar yang dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan berbagai narasumber kompeten untuk membahas peran pers dalam mewujudkan demokrasi di era digital hingga Puncak Peringatan Hari Pers Nasional.

Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara, dari tanggal 17 hingga 20 Februari 2024 yang diikuti para pengurus PWI dari seluruh Indonesia.

HPN Tahun ini mengambil tema yakni “Pers Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa”. 

Tema tersebut dipilih karena sesuai dengan hajatan besar yang sedang dilakukan oleh bangsa Indonesia, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) yang sudah dilangsungkan dengan baik pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu. 

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih, sebab pers turut serta dalam mengawal Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Ia juga berharap pers senantiasa menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi. 

“Selamat Hari Pers Nasional 2024, saya juga mengucapkan terima kasih kepada pers yang turut mengawal Pemilu 2024 yang baru saja kita jalani,” ujarnya. 

Ditambahkan Presiden Jokowi, bahwa Pemerintah saat ini terus berupaya untuk mendukung ekosistem pers yang adaptif dengan tetap menghormati kebebasan pers. selain itu, jurnalisme berkualitas dan keberlanjutan industri media konvensional, kata dia, juga menjadi perhatian penting pemerintah. 

Pada puncak peringatan HPN 2024, Presiden Jokowi berpesan agar pers tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi, menjadi rumah bersama untuk informasi. Namun, ia menegaskan, informasi yang disampaikan harus berdasarkan fakta. 

“Beritakanlah fakta-fakta apa adanya, tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi,” ujarnya. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga berpesan agar perusahaan pers dapat memikirkan langkah konkret dan strategis serta terus melakukan inovasi agar ada pers dalam merespon perubahan zaman mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah gempuran persaingan global. (Aang)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */