space
space
WAHANA

KPU Sarolangun, Gelar Uji Publik Terkait Penataan Dapil 2024

26
×

KPU Sarolangun, Gelar Uji Publik Terkait Penataan Dapil 2024

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 150
0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second

SAROLANGUN-Suararakyatnews.com,

Bertempat di Ball Room Hotel Abadi Sarolangun pada Rabu (14/12/2022) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun, mengelar Uji Publik terkait rancangan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun untuk Pemilu 2024 mendatang.

Acara yang dibuka oleh Pj Bupati Sarolangun, Henrizal, tersebut diikuti oleh para pengurus Partai Politik, Tokoh Agama, Ormas, LSM, awak Media, dan dihadiri oleh Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, Kakan Kemenag M Syatar, Ketua KPU Muhammad Fakhri beserta Anggota, Ketua Bawaslu Edi Martono beserta anggota, Anggota DPRD Sarolangun serta unsur terkait.

PJ Bupati Henrizal, dalam sambutannya mengatakan bahwa  kegiatan uji publik ini sangat penting guna mendapatkan saran dan masukan melalui diskusi bersama terkait rancangan Dapil dan alokasi kursi DPRD Sarolangun untuk Pemilu tahun 2024. “Diharapkan dengan saran dan masukan tersebut bisa mengambil keputusan dan kebijakan,” ucapya

Sementara itu, Ketua KPU Sarolangun, Muhammad Fakhri, yang memimpin acara uji publik, menyebutkan pihak KPUD memberikan 3 Opsi rancangan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk 2024 mendatang menjadi 3 Dapil, tetap 4 Dapil sesuai dengan 2019 lalu, atau menjadi 5 Dapil

Menurut Muhammad Fakhri, dari ketiga rancangan usulan yang sudah dilakukan, hasilnya akan dibawa ke KPU Pusat yang nantinya  akan dijadikan dasar penentuan Dapil saat Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Kita hanya melaksanakan tahapannya saja, keputusan tetap berada di KPU pusat,” ujarnya.   

Ditambahkannya” Kegiatan uji publik tersebut sesuai dengan Pasal 185 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2022 dalam Penataan Dapil.

“Dimana ada tujuh prinsip yang harus menjadi pertimbangan, meliputi kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, profesionalitas, integritas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang Sama, Kohesivitas, dan kesinambungan,” papar Muhammad Fakhri. (Aang)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */