WAHANA

Bacaan Doa Qunut Witir Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan, Lengkap Keutamaannya

78
×

Bacaan Doa Qunut Witir Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan, Lengkap Keutamaannya

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 275
0 0
Read Time:3 Minute, 44 Second

Liputan6.com, Jakarta Bacaan doa qunut witir dapat dibaca di rakaat terakhir sholat witir setelah sholat tarawih pada malam Ramadhan oleh sebagian ulama dinilai sunnah. Bacaan doa qunut witir mulai dibaca pada separuh terakhir Ramadhan atau di pertengahan bulan Ramadhan.

Hal itu sebagaimana ditegaskan oleh Imam al-Baihaqi dalam kitab Ma’rifatus Sunan wal Atsar, bahwa Imam asy-Syafi’i menganjurkan pembacaan bacaan doa qunut di rakaat terakhir sholat witir, pada separuh terakhir Ramadhan.

Baca Juga

Rahasia doa qunut terdapat pada setiap kalimatnya. Bacaan doa qunut witir mencakup kebaikan dunia dan akhirat serta permohonan dengan kerendahan hati dan ketundukan. Permintaannya adalah untuk membawa manfaat dan mengusir bahaya di dunia dan di akhirat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa qunut witir dan keutamaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022).

Berikut bacaan doa qunut witir dalam bahasa Latin dan artinya, yaitu:

Allahhummahdinii fiiman hadait. Wa’a finii fiman ‘aafait. Wa ttawallanii fiiman tawal-laiit. Wa baarik lii fiimaa a’thai. Wa qinii syarra maa qadhait. Fainnaka taqdhi walaa yuqdhaa ‘alaik. Wa innahu layadzilu man walait.

Wa laa ya’izzu mann’aadait . Tabaa rakta rabbana wata’aalait. Falakalhamdu ‘alaa maaqaadhait. Astaghfiruka wa’atuubuu ilaik. Wasallallahu ‘ala Sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihii wasahbihi wasallam.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagai orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, ampunilah aku sebagai orang-orang yang telah Engkau ampuni, bantulah aku sebagai orang-orang yang telah Engkau tolong, berilah aku berkah dalam segala rahmat dan karunia- Peliharalah aku dengan rahmat-Mu dari kejahatan. qada-Mu, karena sesungguhnya Engkaulah yang berhak mengadili dan tidak ada seorang pun yang dapat menghakimi terhadap-Mu, dan sesungguhnya orang-orang yang menjadi musuh-Mu tidak akan dihina.

‚ÄúMaha Suci Engkau, Tuhan kami yang Maha Tinggi, segala puji bagi-Mu atas segala keputusan-Mu. Mohon ampun dan taubat hanya kepada-Mu, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita tercinta Muhammad SAW dan juga seluruh keluarga dan para sahabatnya. “

Dikutip dari buku Bekal Ramadhan dan Sholat Idul Fitri 3 Tarawih dan Witr karya Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir LC menjelaskan, dalam mazhab qunut witr Syafi ‘i merupakan hukum sunnah. Imam As-Syafi’i berkata tentang qunut witr:

“Jangan qunut (witir) kecuali pada seperdua bulan ramadhan, yang demikian karena perilaku Ibnu Umar”. Dari sinilah akhirnya dalam madzhab Syafi‚Äôi memutuskan bahwa sunnah qunut witir hanya pada 15 malam terakhir dari bulan Ramadhan.

Dalilnya adalah atsar para sahabat di masa Umar bin Kahttab ra: Dari Al-Hasan Al-Bashri, bahwa Umar bin Khattab ra mengumpulkan masyarakat untuk sholat pada malam Bulan Ramadhan dengan diimami oleh Ubai bin Ka’ab, Umar berkata kepada Ubai:

Sholat bersama mereka 20 rakaat, dan jangan qunut bersama mereka kecuali di paruh terakhir Ramadhan, kemudian Ubai bin Ka’ab shalat bersama mereka di sepuluh pertama dan kedua Ramadhan, di sepuluh terakhir Ubai tidak meninggalkan rumah. , maka orang-orang pada waktu itu bertanya kepada Mu’adh bin Jabal, akhirnya Mu’adh menjadi imam dan Mu’adh tetap qunut di sepuluh terakhir”.

Setelah mengetahui bacaan doa qunut witir, berikut ini terdapat beberapa keutamaan membaca doa qunut witir, yaitu:

1. Perlindungan dari Bahaya

Dengan membaca doa qunut witir sama halnya kita memohon perlindungan dari segala marabahaya. Baik di dunia maupun di akhirat kelak. Sesungguhnya orang yang terlindungi tidak akan pernah terhina oleh Allah SWT.

2. Diberi Pertolongan

Tidak ada satu manusia di dunia yang mengetahui apa yang akan terjadi esok hari. Sebab Allah SWT yang berhak menentukan segalanya. Oleh sebab itu, kita diperintahkan untuk senantiasa memohon pertolongan dari segala kesulitan di dunia maupun di akhirat

3. Diberi Nikmat Cukup

Dengan membaca doa qunut witir sangat baik dipanjatkan karena Allah SWT akan memberikan nikmat yang cukup bagi hamba-Nya. Karena Allah maha pemberi juga penyayang.

4. Mendapat Kesehatan

Doa qunut witir sering dibaca oleh Nabi, agar mendapatkan kesehatan. Maka dari itu seringlah mengalkan doa ini agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari segala penyakit baik di dunia maupun di akhirat.

5. Mendapat Hidayah

Iman merupakan pondasi yang paling utana dalam sebuah agama. Oleh karena itu, jika iman kita qoyah, bisa jadi kita tidak akan percaya dengan adanya Allah SWT. Dengandoa qunut witirini Allah SWT akan mendatangkan hidayah kepada hamba-Nya.

6. Memberikan Petunjuk

Doa qunut mengandung petunjuk. Dalam kalimat yang berbunyi‚ÄúAllahummahdinii fii man hadaiit‚ÄĚ, yang bermakna permintaan seorang petunjuk kepada Allah SWT. Petunjuk tersebut dapat berupa berbagai bentuk. Seperti meminta untuk diberikan ilmu yang bermanfaat atau petunjuk dalam melakukan kebaikan kepada sesama.

7. Mendapatkan Berkah

Kalimat‚Äúwabaariklii fiimaa a‚Äôthoiit‚ÄĚ, yang bermakna memohon keberkahan atas segala nikmat yang telah diberikan. Hal tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT, selalu memberikan kebaikan dan keberkahan kepada setiap hambanya.

Kunjungi Sumber Berita: Liputan6

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */