space
WAHANA

Mengenal Kecanggihan Helikopter Mi-28N Si ‘Pemburu Malam’ Dari Rusia

25
×

Mengenal Kecanggihan Helikopter Mi-28N Si ‘Pemburu Malam’ Dari Rusia

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 234
0 0
Read Time:5 Minute, 4 Second

MOSCOW – Invasi Rusia ke Ukraina telah berlangsung selama satu bulan lebih dan hingga kini tak kunjung berakhir.

Belakangan beragam teknologi canggih milik angkatan bersenjata Rusia telah mencuri perhatian masyarakat dunia salah satunya helikopter Mi-28N yang kerap dijuluki si ‘Pemburu Malam’.

Meski helikopter Mi-28N bukanlah satu-satunya kendaraan tercanggih yang dimiliki Rusia, namun karena performanya yang mengagumkan membuat helikopter satu ini menjadi kendaraan tempur andalan militer rusia.

Berikut reporter telah merangkum kehebatan dari kendaraan tempur asal Rusia.

Dapat Bertahan Segala Kondisi

Melansir dari situs Military Wiki, helikopter Mi-28N adalah versi terbaru dari model Havoc yang dibuat oleh Uni Soviet pada1970an. Namun sejak awal pembuatannya kendaraan satu ini tak pernah mengalami fase produksi.

Hingga akhirnya di tahun 2005 Mi-28N kembali dikembangkan dan diproduksi massal oleh Kementerian Pertahanan Federasi Rusia.

Nama pemburu malam yang tersemat dalam Mi-28N juga bukan tanpa alasan. Pasalnya helikopter satu ini dapat bertahan di berbagai kondisi dan cuaca yang ekstrim, lantaran dilengkapi dengan teknologi thermal yang tersemat pada sistem KRET Ohotnik.

Kecanggihan teknologi thermal juga memungkinkan Mi-28N dapat ditunggangi untuk operasi malam sehingga lebih memudahkan tentara Rusia dalam menghancurkan target. Tak hanya itu melansir dari Airforce Technology penggunaan teknologi thermal juga membuat kendaraan ini sulit untuk dideteksi musuh.

Tersemat Spesifikasi Yang Lengkap

Untuk spesifikasi Mi-28N memiliki kemampuan ofensif yang cukup mengesankan. Dengan berat yang melebihi 2.300 kg, Mi-28N sanggup mengangkut kombinasi 16 rudal anti-tank diantaranya AT-6 Spiral, rudal AT-9 Spiral 2, AT-9, AT-6, Mi-28.

Helikopter Mi-28N sendiri dapat melaju pada kecepatan tertinggi hingga 300 km/jam, berkat dua mesin Klimov TV-3-117KM yang masing-masing menghasilkan 2.500 hp.

Sementara untuk mesin helikopter, Mi-28N menggunakan mesin yang sama dengan Kamov Ka-50 Black Shark, meski dengan sedikit upgrade.

Mampu Mengidentifikasi Musuh Jarak Jauh

Dengan dilengkapi radar gelombang milimeter yang dipasang di atas rotor, seperti radar Apache Longbow membuat Mi-28N mampu mendeteksi target darat sejauh 10 km dan menembakkan peluru kendali AT-9 Spiral 2 ke arah musuh.

Tak hanya itu di bawah hidung Mi-28N terdapat TOR yaitu sistem penargetan turret yang dilengkapi sensor dengan FLIR (= Forward Lokking InfraRed, kamera pencitraan termal) sehingga Mi-28N didesain dengan beberapa lat pendukung seperti navigasi, kamera TV, serta penunjuk target laser.

Berkat keunggulan-keunggulan tersebut Mi-28N makin laris dipasaran, bahkan menurut DefenseNews, helikopter Mi-28 sudah di ekspor dan digunakan oleh pasukan militer Aljazair dan Irak.

Meski versi asli dan ekspor terdapat beberapa perbedaan seperti bagian persen tak sebagai tidak terlalu mempengaruhi efektivitas tempur. Bahkan keduanya diklaim sebagai kendaraan mematikan asal Rusia.

UPDATE Invasi Rusia ke Ukraina Hari ke-39

Perang yang melanda Ukraina masih berkobar hingga sekarang.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, kini perang yang berkecamuk di Kyiv memasuki hari ke-39, Minggu (3/4/2022).

Pasukan Ukraina merebut kembali seluruh wilayah Kyiv.

Mereka juga menemukan bukti yang luas tentang kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan sejumlah pejabat lainnya menuduh pasukan Rusia meninggalkan ranjau dan bahan peledak lainnya di wilayah Kyiv.

Berikut ini rangkum sejumlah peristiwa yang terjadi selama invasi Rusia ke Ukraina, dikutip dari The Guardian.

Ukraina kuasai Kyiv

Pasukan Ukraina merebut kembali seluruh wilayah Kyiv.

Mereka juga menemukan bukti yang luas tentang kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Rusia.

Ini termasuk mayat yang ditemukan di jalan-jalan, bukti pembunuhan warga sipil, kuburan massal dan anak-anak yang dibunuh.

Pertempuran di Bucha

Seorang wanita, Halyna Tovkach mengatakan, suaminya dibunuh oleh orang Rusia bersama dengan dua anak dan ibu mereka, ketika mereka mencoba melarikan diri dari pertempuran di Bucha.

Diduga di antara warga sipil yang dibunuh oleh Rusia adalah Olha Sukhenko, Kepala desa Motyzhin di sebelah timur Kyiv, dan seluruh keluarganya.

Zelensky tuduh pasukan Rusia tinggalkan ranjau dan baham peledak di Kyiv

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan sejumlah pejabat lainnya menuduh pasukan Rusia meninggalkan ranjau dan bahan peledak lainnya di wilayah Kyiv.

Di Irpin, kru telah menemukan 643 benda peledak.

Dugaan anak-anak dijadikan perisai manusia

Jaksa Agung Ukraina menuduh Rusia menggunakan anak-anak sebagai “perisai manusia” saat menyusun kembali pasukannya, ketika laporan saksi pertama dari kota Bucha yang baru dibebaskan, barat laut Kyiv, muncul.

Pelatih anak-anak dikatakan telah ditempatkan di depan tank di desa Novyi Bykiv, dekat dengan kota Chernihiv yang dikelilingi, 100 mil sebelah utara Kyiv.

Peringatan Zelensky

Zelensky mengulangi peringatannya bahwa pasukan Rusia ingin merebut Donbas dan selatan Ukraina.

Dalam pidato video malamnya, Presiden Ukraina mengatakan “kami sadar bahwa musuh memiliki cadangan untuk meningkatkan tekanan di timur” tetapi mengeluh bahwa sekutu barat tidak mengirim cukup sistem anti-rudal.

Ukraina: Rusia menerima posisi Kyiv

AFP melaporkan negosiator perdamaian Ukraina dilaporkan mengatakan bahwa Rusia ‘”secara lisan” menerima posisi Ukraina dalam pembicaraan damai, kecuali untuk masalah Krimea.

Moskow juga telah setuju bahwa referendum tentang status netral Ukraina “akan menjadi satu-satunya jalan keluar dari situasi ini.”

Lokasi pembicaraan damai

Turki adalah tempat yang paling mungkin untuk pembicaraan damai antara Zelenskiy dan Vladimir Putin, Interfax Ukraina telah melaporkan.

Konvoi Palang Merah menuju Mariupol

Konvoi Palang Merah menuju Mariupol akan mencoba lagi untuk mengevakuasi warga sipil dari pelabuhan yang terkepung ketika pasukan Rusia tampaknya berkumpul kembali untuk serangan baru di tenggara.

Seorang juru bicara Palang Merah mengatakan: “Tim kami sedang bergerak pagi ini dari Zaporizhzhia ke Mariupol. Saya tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut pada tahap ini.”

Fotografer tewas di Kyiv

Maksim Levin, seorang fotografer Ukraina, juga ditemukan tewas di dekat Kyiv.

Kementerian Pertahanan mengatakan Levin, yang karyanya muncul dalam laporan dari BBC dan Reuters, telah ditembak dua kali oleh tentara Rusia .

Inggris: Pihak berwenang sedang kumpulkan bukti kejahatan perang

Inggris mengatakan pihak berwenang sedang bekerja untuk mengumpulkan bukti kejahatan perang Rusia.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss, mentweet bahwa dia sedang mencari informasi baru yang keluar dari wilayah Kyiv.

Baltik hentikan impor minyak Rusia

Negara-negara Baltik telah menghentikan semua impor minyak Rusia, dan mendorong Uni Eropa lainnya untuk mengikutinya.

Klaim Intelijen Militer Inggris

Intelijen militer Inggris mengatakan Rusia masih belum mampu menghancurkan angkatan udara dan pertahanan udara Ukraina.

Kegagalan ini telah “sangat menghambat upaya mereka untuk mendapatkan kendali luas atas udara, yang pada gilirannya secara signifikan mempengaruhi kemampuan mereka untuk mendukung kemajuan pasukan darat mereka di sejumlah front”.

kunjungi sumber berita : tribunnews

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */