space
ARTIKEL

3 Cara Untuk Membuat Kerajinan Tangan Yang Menguntungkan

49
×

3 Cara Untuk Membuat Kerajinan Tangan Yang Menguntungkan

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 409
0 0
Read Time:9 Minute, 22 Second

Jika Anda menyukai kerajinan tangan, memasak, dan membuat segala sesuatunya sendiri di rumah, Anda bisa dengan mudah menghasilkan uang dengan menjual barang yang Anda buat. Bacalah langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan ide membuat kerajinan tangan murah yang bisa Anda jual untuk mendapatkan keuntungan.

Kerajinan Tangan Sederhana

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Bungkus lilin untuk membuatnya tampak cantik. Dari lilin lurus panjang biasa, Anda bisa membuat hiasan rumah yang cantik dan mungkin akan laku dijual. Pilih lilin putih tanpa aroma yang bisa dibuat menjadi beragam hiasan, atau gunakan lilin yang beraroma dan berwarna jika Anda menilainya cocok dengan bahan yang akan Anda gunakan sebagai pembungkusnya.

Gunakan lilin panjang beraroma vanila atau tanpa aroma dan benang ikat atau tali kulit tipis. Siapkan batang kayu manis di sebelah lilin dan ikatkan ke lilin dengan benang atau tali kulit. Kayu manis akan menjadi hangat dan mengeluarkan aroma yang harum saat lilin dinyalakan.

Siapkan selembar potongan kain karung atau linen berpola berbentuk persegi panjang. Potong lembaran kain sehingga ukuran panjangnya sama dengan lebarnya, kemudian potong bentuk sederhana dari lembaran kain ini menggunakan gunting kain. (Lipat menjadi setengahnya, dan potong sehingga diperoleh bentuk yang sama besar). Gunakan sedikit lem tembak atau perekat kuat lainnya untuk merekatkan potongan warna-warni kain karung, dan kemudian susun di bawah batang lilin menggunakan benang ikat.

Siapkan wadah Mason jar bermulut lebar, seperti kaleng dengan lebar mulut sebesar bola, dan rekatkan lilin putih berbentuk mangkuk di bagian dasarnya. Isi bagian di antara lilin dan Mason jar dengan batu-batu kaca yang terdiri dari dua warna berbeda. Warna ini akan memancarkan sinar yang cantik saat lilin dinyalakan.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Buat gelas beku yang artistik. Belilah gelas anggur atau gelas berkaki dengan harga murah tetapi masih bagus dari toko barang bekas atau diskon. Lingkarkan beberapa karet gelang pada gelas, isi bagian dalamnya dengan koran, dan kemudian berikan lapisan cat semprot yang memberikan efek beku ke bagian luarnya. Setelah cat mengering, keluarkan koran dan lepaskan karet gelang untuk mendapatkan hasil gelas berukir yang bagus.

Gelas ini tampaknya cantik, tetapi tidak aman dicuci menggunakan mesin dan dimasukkan ke dalam microwave. Pastikan pembeli Anda mengetahuinya.

Cobalah menambahkan bentuk-bentuk kecil di bawah karet gelang, seperti daun, atau salib. Pertimbangkanlah untuk menggunakan bentuk alami yang tidak beraturan juga: gelas yang berukir batuan sungai yang unik akan mudah dijual, selain itu batuan sungai juga bisa Anda dapatkan secara gratis.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Buat syal berjumbai daur ulang. Mulailah dengan kaus lembut apa saja. Gunakan gunting kain untuk memotong kaus ini tepat di bawah ketiak dengan hati-hati. Rekatkan bagian bawah kaus yang seperti tabung dan letakkan mendatar, kemudian gunakan gunting Anda untuk memotong jumbai dari bawah ke atas. Beri jarak potongan Anda antara 0,3 cm hingga 0,6 cm dan potong 7,6 cm hingga 10,2 cm ke atas. Setelah seluruh bagian bawah kaus Anda potong menjadi jumbai, putar dan tarik setiap jumbai dengan hati-hati untuk meregangkan dan mengendurkannya. Syal yang Anda buat bisa digunakan dengan mengarahkan jumbainya ke bawah.

Kerajinan tangan ini mudah diselesaikan, tetapi akan memerlukan sedikit latihan agar bisa menghasilkan syal yang cukup bagus untuk dijual. Beli kaus dari toko barang bekas dan toko diskon untuk berlatih hingga Anda percaya diri untuk menjualnya.

Cari toko barang bekas untuk mendapatkan desain dan pola yang menarik sehingga syal buatan Anda semakin unik dan sangat laku dijual.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Buat sabun hiasan yang cantik. Walaupun membuat sabun mewah yang berkualitas tinggi memerlukan usaha yang cukup besar, sabun hiasan sederhana bisa dibuat dalam waktu kurang dari setengah jam, dan bisa dijual untuk digunakan di kamar tamu, dan keranjang hadiah. Kunjungi toko kerajinan tangan dan belilah satu batang sabun glisering, juga serangkaian pewarna, bahan pewangi (seperti lemon, lavender, atau mint), dan beberapa cetakan sabun dari silikon atau plastik. Potong sebagian sabun gliserin dari batangnya dan lelehkan di dalam microwave, kemudian gunakan batang es krim untuk memasukkan beberapa tetes pewarna dan pewangi. Tuangkan campuran ini ke dalam cetakan dan biarkan mengeras, kemudian keluarkan dan haluskan sisi-sisinya.

Jangan berlebihan menambahkan pewangi. Sedikit saja sudah cukup.

Gunakan botol semprot berisi alkohol untuk menyemprotkannya ke cetakan sabun sebelum Anda menuangkan sabun, dan ke bagian dasar sabun setelahnya. Alkohol akan mencegah terbentuknya gelembung di dalam sabun.

Gunakan pisau kerajinan tangan untuk menghaluskan sisa sabun di bagian tepi setelah Anda keluarkan dari cetakan.

Kerajinan Tangan yang Lebih Rumit

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Buat cincin pakan burung. Kerajinan tangan ini memerlukan loyang bulat dan beberapa bahan, tetapi hasilnya sangat bagus. Anda akan menekan campuran pakan burung ke dalam loyang bulat dan membiarkannya hingga padat, kemudian mempercantiknya dengan pita warna-warni sehingga cocok untuk dinikmati penggemar burung dan anggota keluarga lainnya di halaman belakang rumah.

Campurkan ¼ cangkir air hangat dengan satu kantong gelatin tanpa warna, seperti Knox, hingga gelatin larut. Selama itu, aduk 3 sendok makan sirup jagung (seperti Karo) dan ¾ cangkir tepung hingga terbentuk pasta kental.

Masukkan 4 cangkir campuran pakan burung dan aduk terus hingga semua bahan tercampur merata.

Semprot loyang bulat dengan semprotan anti lengket, dan kemudian tekan campuran pakan burung secara merata di seluruh bagian cincin loyang. Biarkan mengeras selama 10 menit, kemudian pindahkan ke permukaan yang bersih.

Untuk membuat bentuknya lebih simetris, Anda bisa membaliknya di loyang dan kemudian menekan pelan. Hal ini akan memperhalus sudut di bagian belakang. Berhati-hatilah agar bentuk bagian depannya tidak rusak.

Biarkan cincin yang terbentuk di tempat yang kering selama 36 – 48 jam. Anda bisa membuat cincin pakan burung lagi selama waktu ini jika Anda mau.

Setelah cincin pakan burung mengeras, potong pita tebal dengan panjang tertentu, dan ikatkan berbentuk pita longgar mengelilingi cincin pakan burung sebagai gantungannya.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Buat lampu dari botol kaca. Siapkan botol atau kendi besar. Anda bisa menemukannya di tempat sampah dan toko barang antik, juga dari penjual barang bekas. Pilih ukuran yang cukup besar sehingga cocok sebagai lampu meja. Selanjutnya, belilah perangkat lampu botol dari toko kerajinan tangan; harganya beragam antara sekitar Rp150.000 – Rp400.000. Anda sebaiknya membeli paling tidak rangkaian bola lampu dengan gabus (agar sesuai dengan ukuran mulut botol atau kendi) dan kabel listrik AC dengan colokannya. Pasang perangkat lampu ini dan lengkapi dengan tutup lampu bekas yang murah.

Biasanya, untuk mendapatkan lampu yang tampak cantik, Anda harus mengebor kaca untuk melewatkan kabel. Untuk melakukan hal ini dengan baik, Anda perlu alat bor dan kesabaran. Berhati-hatilah dengan mengikuti seluruh petunjuk keamanan dan bekerja secara perlahan agar kaca botol tidak pecah.

Anda bisa menghias lampu ini lebih lanjut dengan menghias bagian dalam botol sebelum mengencangkan soket lampu. Cobalah menambahkan batuan yang cantik, atau gunakan lem dan glitter untuk membuatnya berkelap-kelip dari dalam. Menggunakan kaca berwarna juga adalah ide yang bagus.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Aksesori rajutan. Jika Anda bisa merajut, Anda bisa menghasilkan uang. Barang rajutan yang bagus seperti topi dan syal sangat mudah dijual selama musim gugur dan musim dingin, khususnya jika Anda membuatnya dengan benang rajut mewah. Cari pola dasar dan panduan di toko benang rajut, atau jelajahi internet; berlatihlah hingga Anda bisa merajut barang-barang klasik tanpa masalah. Pastikan untuk menggunakan benang berkualitas tinggi, dan buatlah dalam beragam warna agar buatan Anda semakin bagus.

Selama liburan, cobalah merajut hiasan cantik, dan juallah dengah harga Rp10.000. Anda bisa menggunakan benang rajut yang murah dengan warna cerah untuk membuatnya. Lengkapi buatan Anda dengan lingkaran benang atau pengait logam agar mudah digantungkan.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Buat makanan khusus. Jika Anda tertarik dengan bidang kuliner, dan mau memasak dalam jumlah besar, Anda bisa membuat masakan yang lezat dengan waktu kadaluarsa yang panjang. Ingatlah bahwa untuk melakukan hal ini, Anda secara umum perlu mengurus izin pangan industri rumah tangga (PIRT) ke pihak yang berwenang di sekitar Anda; peraturannya mungkin berbeda sesuai dengan tempat tinggal Anda, tetapi selalu teliti terlebih dahulu sebelum mulai menjual makanan ke orang-orang. Ikutilah aturan untuk mendapatkan izin tersebut.

Permen buatan rumah adalah salah satu yang paling digemari. Permen ini mudah dibuat dengan beragam cokelat, kacang, dan pewarna makanan, dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Bungkus dengan pembungkus mengilap setiap 100 gram, rekatkan stiker bertuliskan nama Anda dan nama permen di wadahnya, dan lihatlah betapa lakunya makanan ini di bazar atau pameran kerajinan tangan selanjutnya.

Jika Anda adalah pemakan daging, datanglah ke pasar daging sekitar Anda, dan belilah daging rendah lemak untuk memasaknya menjadi dendeng. Potong daging menjadi lembaran berukuran 0,6 cm, dan siapkan bumbu rendamannya di atas kompor. Didihkan bumbu, dan masukkan beberapa lembaran daging sekaligus ke dalamnya selama satu atau dua menit hingga bumbu terserap. Angkat dengan penjepit dan letakkan di atas rak kawat bersih di dalam oven dengan suhu yang sangat rendah (sekitar 65 derajat Celsius) selama 3 – 4 jam. Balik lembaran daging dan ulangi lagi selama 3 – 4 jam. Seteah selesai, gunakan perekat vakum rumahan untuk melindungi dendeng daging Anda dalam kemasan sehingga tahan selama beberapa bulan.

Bergantung pada daging dan bumbu rendaman yang Anda gunakan, dendeng daging bisa memiliki rasa yang beragam. Cari yang Anda suka, dan juallah. Jika Anda tidak yakin apakah Anda bisa mendapatkan potongan daging tertentu lagi, pasarkanlah sebagai “dendeng daging spesial.”

Belilah daging dengan lemak sesedikit mungkin. Lemak tidak akan tahan lama dalam penyimpanan.

Tips Penjualan

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Catat pengeluaran Anda. Saat menentukan apa saja biaya yang perlu Anda perhitungkan, mencatat semua pengeluaran Anda akan sangat membantu. Selain biaya bahan, pastikan untuk menghitung waktu yang Anda habiskan untuk membuat suatu barang, serta biaya untuk menjualnya. Semuanya akan membantu Anda menentukan harga minimal yang wajar agar Anda tidak rugi.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Berbelanjalah. Jika Anda ingin mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai biaya produksi barang, selidikilah pesaing Anda. Cobalah untuk mengetahui harga rata-rata suatu barang. Hal ini akan memberikan Anda rentang harga, sesuatu yang bisa meningkatkan keuntungan Anda secara nyata.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Tawarkan sampel. Jika Anda membuat apa pun yang bisa digunakan, seperti sabun, garam mandi, anggur, atau makanan, tawarkan sampel kecil kepada pelanggan yang lewat. Jika barang buatan Anda disukai, kemungkinan besar pelanggan Anda akan kembali dan membelinya.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Tawarkan potongan harga. Tidak peduli barang apa yang Anda buat, ikutilah aturan tiga barang ini untuk membuat pelanggan Anda puas: Setiap barang memiliki harga tertentu, tetapi jika Anda membeli tiga barang sekaligus, Anda akan mendapatkan potongan harga. Biasanya diskon yang diberikan antara 20% dan 30%, tetapi Anda bisa menentukan sendiri berdasarkan tingkat keuntungan yang sudah Anda tentukan. Anda juga bisa menawarkan potongan harga untuk rangkaian barang tertentu, seperti “dua botol selai dan satu kotak kue kering buatan rumah seharga Rp100.000 bukan Rp.120.000”.

Orang-orang suka membeli kotak hadiah. Siapkan kemasan hadiah untuk semua barang yang Anda jual, dan kemasan khusus untuk setiap dua hingga empat barang.

3 Cara untuk Membuat Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Pasarkan secara agresif. Saat ini, dengan adanya internet di mana saja, mempelajari cara membuat barang kerajinan tangan akan semakin mudah. Buat barang buatan Anda tampak mencolok dengan membuatnya terkenal di pasar, sehingga orang-orang akan mengenal Anda.

Buatlah akun media sosial untuk bisnis Anda, dan berikan nama yang mudah diingat. Unggah sesuatu yang berkaitan dengan barang yang Anda jual secara rutin.

Hubungi pemilik usaha lokal di sekitar Anda untuk menjual barang Anda secara konsinyasi, atau buatlah acara di masyarakat sebagai sarana penjualan. Proaktif dan biarkan Anda dikenali sebagai pelaku bisnis untuk mendapatkan dukungan dari komunitas bisnis.

Berikan dukungan ke acara sosial. Jika organisasi anak-anak di sekitar Anda berencana untuk membuat keranjang hadiah, tawarkan untuk menyediakan beberapa sabun buatan rumah; berikan sumbangan mingguan berupa makanan kaleng buatan rumah (yang sudah berizin) ke dapur umum atau acara keagamaan. Semakin Anda dikenal karena perbuatan positif, orang-orang akan semakin menghargai barang buatan Anda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */