Selasa, Oktober 27Suara Rakyat News
Shadow

Tradisi Ngadang Durian Pusako di Kecamatan Air Hitam

Page Visited: 29
0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

SAROLANGUN-Suararakyatnews.com,

Ketika musim durian tiba, kebun yang tadinya sepi mulai terlihat ramai oleh Aktivitas Masyarakat. Bahkan pondok-pondok berukuran kecil sebagai tempat berteduh menunggu jatuhnya buah berpostur besar dengan baunya khas pun didirikan.


Musim durian tahun ini, jatuh pada awal tahun, sehingga menjadi momen bagi Masyarakat dalam mengisi masa libur, seperti halnya Masyarakat Desa Baru Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun Jambi. Mereka beramai ramai menunggu durian dalam bahasa lokal (ngadang durian) Pusako.

Durian Pusako sendiri adalah durian yang ditanam oleh leluhur Masyarakat setempat sejak puluhan tahun silam, sedangkan bagi keluarga yang tidak memiliki kebun atau batang durian sendiri bisa meminta izin kepada pemilik batang durian untuk menunggu atau mengadang durian yang batangnya sudah berumur puluhan tahun.

Bagi pecinta buah durian, mengadang buah durian jatuh dihutan memberi Sensasi dan kepuasan, sebab ada keasikan tersendiri ketika menanti buah durian jatuh dari pohonnya. bukan hanya Masyarakat didesa saja yang hobi menunggu durian jatuh, salah satu Wartawan senior Sarolangun yang sekaligus Wakil Ketua IWO Warsun Arbain bersama awak Media ini pun turut serta Ngadang buah durian Pusako jatuh ke bumi.

Dikatakan Warsun mengadang durian memiliki kepuasan tersendiri, bukan masalah berapa banyak durian yang di dapat, namun lebih mengarah ke hobi berpetualangan dihutan apa lagi mengadang durian momen yang mengasikan adalah menanti detik detik durian jatuh, dan bisa menikmatinya langsung dilokasi.

“tentu sangat beda rasanya dengan buah durian yang biasa dibeli dipasar. selain rasanya lebih lezat, durian yang jatuh langsung dari pohonnya cenderung lebih harum, ditambah lagi saat menantikan detik detik buah duriannya jatuh dari pohon, memberi rasa kepuasan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.” ungkapnya (Sobri)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: