Rabu, November 25Suara Rakyat News
Shadow

Al Haris : LAM Jangan Hanya Mengurusi Perkawinan Dan Memberi Gelar

Page Visited: 33
0 0
Read Time:59 Second

MERANGIN-Siarararakyatnewa.com,

Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Merangin, tidak hanya menjadi lembaga yang mengurusi perkawinan dan pemberian gelar saja, tetapi harus bisa berperan labih dari itu.

LAM Kabupaten Merangin diharapkan bisa menjadi lembaga yang dapat memberikan keamanan dan kepastian dalam hidup bermasyarakat, sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris pada rapat kerja daerah LAM Kabupaten Merangin 2019 yang berlangsung penuh rasa kekeluargaan di Balai Adat Kabupaten Merangin.

“Saya berharap Rakerda LAM Merangin ini dapat menyusun program kerja kedepan lebih baik lagi, sehingga akan memperkuat negeri Merangin sebagai negeri yang beradat dan berbudaya tinggi,” ujar Bupati.

LAM lanjut bupati, merupakan organisasi masyarakat yang mengatur, membina dan mengembangkan serta memberikan sanksi, terhadap perlanggaran norma-norma kemasyarakatan, tingkahlaku serta adat istiadat yang bertentang dengan masyarakat.

Untuk itu harap bupati, Lembaga Peradilan Adat harus dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dimana perkara utama yang bersifat perdata adat diselesaikan melalui Lembaga Peradilan Adat.

Bagaimana menanggapi berbagai konflik yang muncul di tengah-tengah masyarakat? Diakui bupati, konflik itu dapat memicu terjadinya perpecahan diantara sesama.

“Disinilah fungsi lembaga adat harus diterapkan, yaitu sebagai payung pemersatu. Berbagai konflik yang ada dapat diredam sedemikian rupa melalui adat istiadat,” terang Bupati. (PERI).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: