Jumat, November 27Suara Rakyat News
Shadow

Himbau Warga Jaga Lingkungan

Page Visited: 45
0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

Kapolsek : Jangan bakar lahan dan hutan terlebih sekarang musim kemarau

SAROLANGUN-Suararakyatnews.com,

Seperti yang sudah diketahui bersama curah hujan akhir-akhir ini jarang turun yang berdampak mengakibatkan situasi dan kondisi hutan dan lahan perkebunan kian rawan akan terjadi kebakaran.

Hal ini dikarenakan banyaknya pepohonan yang mati dan mengering serta kekurangnya pasokan air akibat teriknya sengatan matahari, menambah mudahnya api melahap lahan dan hutan.

Menyikapi hal tersebut, Polsek Pelawan Singkut melalui Bhabinkamtibmasnya kian gencar melakukan upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Beberapa upaya yang dilakukan, baik dengan melakukan sosialisasi dengan aparatur pemerintahan Desa maupun dengan penempelan maklumat Kapolda Jambi, khususnya tentang larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta ancaman bagi pelakunya di tempat-tempat yang mudah di akses warga.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, SIK, M.AP melalui Kapolsek Pelawan Singkut IPTU A Soekany Daulay, SH, MH, melalui media ini berharap agar pesan karhutla dapat tersampaikan merata di setiap warga.

“Intinya membakar hutan dan lahan secara sengaja akan ada sangsi hukumnya, maka dari itu saya ingatkan kepada semua elemen masyarakat Kecamatan Pelawan Singkut, agar jangan sekalipun mencoba melakukan pembakaran lahan dan hutan” tegasnya

Kebakaran atau pembakaran hutan dan lahan menimbulkan dampak terhadap kerusakan lingkungan, tentunya tidak hanya sekedar musnahnya ekosistem tapi kabut asap yang merusak kehidupan.

Pembakaran hutan atau lahan merupakan kejahatan yang harus diperangi secara komprehensif oleh setiap pihak. Salah satu upaya yaitu dengan menjerat para pelaku pembakaran hutan atau lahan.

“Tentu dengan mengenakan hukuman pidana penjara dan denda semaksimal mungkin, untuk membuat jera dan menjadi pelajaran bagi yang melakukan perbuatan itu. Mari kita jaga lingkungan secara bersama sama terutama jangan membakar lahan dan hutan secara sengaja” tandasnya (Rul)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: