slider

CE Pimpin Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-57

153
×

CE Pimpin Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-57

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 700
0 0
Read Time:2 Minute, 3 Second

SAROLANGUN-Suararakyatnews.com,

Bupati Sarolangun Drs H.Cek Endra yang juga menjabat sebagai KA.Mabicab Sarolangun, pada Rabu (12/8/2018) memimpin langsung Pelaksana Upacara peringatan Hari Pramuka ke 57 di lokasi Perkemahan TLTD IV Kwartir Cabang Sarolangun yang berada di Desa Tanjung Kecamatan Bathin VIII.


Hari Pramuka tahun 2018 sendiri Bertajuk ‘Kita Tumbuhkan Jiwa Semangat Pramuka Perekat NKRI’  berlangsung meriah dengan penampilan dan atraksi dari sejumlah peserta yang berasal dari utusan kwatir Cabang 10 Kecamatan.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dr Adhyaksa Dault, yang dibacakan oleh Bupati Cek Endra menceritakan cikal bakal lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia yang telah ada sejak masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1912.


“Sudah 105 tahun eksistensi Pramuka di Indonesia. Namun, yang penting untuk dipahami bahwa filosofi dan nilai-nilai kepramukaan digali dari bangsa dan kebudayaan Indonesia, yang bersamaan waktunya dengan berkembangnya gerakan kepanduan dunia yang dirintis oleh Sir Baden Powell di Inggris,” jelas Bupati Sarolangun Cek Endra.
Lebih lanjut dikatakan CE, Gerakan Pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa. Presiden Soekarno telah menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961 yang berpesan bahwa Gerakan Pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia.

Hari Pramuka Ke-57 Tahun 2018 ini mengusung tema “Pramuka Perekat NKRI”, tentu yang dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah.


Bupati juga menyebutkan bahwa Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dari keluarga dan pendidikan formal di sekolah. Hal ini mengingat pendidikan formal tidaklah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter. “peranan keluarga sebagai pelaku pendidik informal yang dilakukan oleh orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara, persoalan kaum muda sering terjadi diantara rumah dan sekolah, maka menjadi penting peranan Gerakan Pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang sering terjadi.” Imbuh Bupati CE

M Fadlan Arafiqi, SE, MH Ka. Kwarcab Sarolangun Bersama Ibnu Ziadi, ST

Tampak hadir dalam acara tersebut, KA Kwarcab Sarolangun M.Fadlan Arafiqi SE, MH, Wakil Bupati Sarolangun H. Hilallatil Badri, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, S.IK, M.AP, Kepala Dinas Pendidikan Sarolangun H.Lukman dan sejumlah peserta, perwakilan pramuka dari masing masing sekolah di Kabupaten Sarolangun.
Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Sarolangun H.Cek Endra juga menyerahkan Penghargaan dan Pancawarsa kepada 34 orang Kwartir Cabang Kecamatan Se Kabupaten Sarolangun. (Aang/Soceity)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */