WAHANA

DPC Hanura Ajak Pemuda Sarolangun Belajar Seloko Adat

70
×

DPC Hanura Ajak Pemuda Sarolangun Belajar Seloko Adat

Sebarkan artikel ini
Page Visited: 673
0 0
Read Time:1 Minute, 33 Second

‚ÄčSAROLANGUN-suararakyatnews, 

Latihan dan belajar Seloko Adat yang diadakan di Sekretariat DPC Hanura Sarolangun

Untuk lebih mengenalkan Kearifan Lokal Adat dan Budaya di bumi “Sepucuk Adat Serumpun Pseko” kepada para Pemuda di Kota Sarolangun, DPC Partai Hanura Sarolangun mengadakan Latihan Berseloko Adat yang diadakan tiga kali seminggu di Sekretariat DPC Hanura Jalan Lintas Sumatera KM 1 Sarolangun.


Dikatakan oleh Ahmad Sodikin, selaku Panitia Pelaksana (Panpel) Sarolangun Berseloko. “Latihan yang akan dilaksanakan setiap malam Selasa, Kamis, dan Minggu dimulai  dari Pukul 20.00 wib, kegiatan tersebut terbuka untuk Masyarakat umum. “latihan Berseloko ini bertujuan untuk mengenalkan kepado Masyarakat umum, khususnyo para Pemuda di Sarolangun untuk lebih mengenal lagi Adat serta budayo lokal Kito Sarolangun, diantaronyo Seloko Adat yang saat ini mulai pudar oleh gencarnya budaya luar.” Terangnya.

Suasana latihan Berseloko Adat yang mendapat antusiasme dan dukungan Tokoh Muda Sarolangun

Ditambahkan Ahmad Sodikin, Untuk menguatkan lagi kegiatan Sarolangun Berseloko kedepan akan dibuat Wadah sebagai tempat belajar mengenali Adat dan Budaya Sarolangun, bahkan kedepan kelompok Pemuda Sarolangun Berseloko ini, akan membuka akses hingga ke Desa-Desa dan sekolah.”Kito akan terus mengkampayekan Adat dan Budayo yang merupakan warisan dari nenek Moyang kito kepado para pemuda hingga ke desa-desa bahkan sampai ke Sekolah, tujuan kito idak lain agar Adat serta Budayo yang merupakan Identitas diri Kito Orang Sarolangun tetap terjago di bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko ini, sebab menurut kami, ketiko anak Mudo berpegang teguh pada Tradisi Adat, maka mereka (Pemuda) akan jadi Pemuda yang bermoral dan beretika, semuanya tidak terlepas dari Pemahaman Adat diantaronyo Berseloko” ucapnya.


Seloko Adat adalah ungkapan yang mengandung pesan, atau nasihat yang bernilai etika dan moral, seloko biasa di gunakan oleh para Ninik Mamak dan Pemangku Adat dalam setiap prosesi Adat baik acara pengukuhan Adat, maupun acara Pernikahan yang masih berlaku di Kabupaten Sarolangun. (*Red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

/* */