Sabtu, Januari 28Suara Rakyat News
Shadow

Terancam Gagal Panen petani mengeluh

Page Visited: 271
0 0
Read Time:58 Second

SAROLANGUN-Suararakyatnews

Dari sekian Kelompok Tani yang ada di Desa Bukit Kecamatan Pelawan diantaranya Kelompok Tani Lubuk Basung saat ini terancam gagal panen dikarenakan kurangnya tata cara pengelolaan tanaman padi dengan benar.

Saat diwawancarai Holil Ketua Kelompok Tani Lubuk Basung menjelaskan “penyebab gagal panen padi saat ini diakibatkan adanya Hama Wereng Hijau dan kelebihan zat asam dalam tanah persawahan ini, yang terjadi di beberapa petak sawah salah satunya petak sawah H. Syafi’I yang berukuran lebih kurang 1 hektar, bagian terkena hama wereng hijau mencapai  hingga seluas 75% yang mengakibatkan benihnya hampa (kosong) bahkan patah di pertengahan batang. Adapun bibit yang digunakan adalah jenis padi Indragiri yang sudah dipakai selama lebih kurang 7 tahun terakhir. “memakai bibit padi ini 5th belakangan ini sangat memuaskan kami”. Ketus H.Syafi’i

ibuk ketua BP3K Ibu Sarikamis,SP bersama beberapa staf khusus Saleh, dan Desvi sebagai Pembrantas Hama Penyakit tanaman, serta PPL Sriwahyuni Hartati sebagai pendamping Petani di Desa Bukit tampak hadir dalam pengecekan beberapa lokasi yang terserang hama.

Saat dibincangi suararakyat Desvi mengatakan “ini harus dilakukan perombakan tanaman untuk mengatasi tingginya Zat Asam Tanah dan menganti bibit padi dengan yang lain seperti IRC, IR42 dan lainya. (Jhon Herry/Erzi)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: