Page Visited: 64
0 0
Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seligi 2024 Polda Kepri 

PEMERINTAHAN

Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seligi 2024 Polda Kepri 

By admin

July 15, 2024

BATAM, Suararakyatnews.com,

Mengawali pelaksanaan Operasi Patuh Seligi 2024, Polda Kepri laksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Bhayangkara Polda Kepri yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau yang diwakili oleh Kepala Unit Operasional dan Humas bapak Bendesa Mas Sutariana, ST., CHCM, Kepala Seksi Lalu Lintas Jalan Sungai Danau dan Penyebrangan dan Pengawasan Bapak Mohammad Fauzan, S.E, Irwasda Polda Kepri Kombes. Pol. Sri Satyatama, S.I.K., M.H., M.M., M.Han., Pejabat Utama Polda Kepri serta Seluruh Peserta Apel Gelar Pasukan, Pada Senin (15/7/2024).

Dalam amanatnya Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menyampaikan Pada hari ini kita melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seligi 2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda Dan Polres/Ta Jajaran dengan tema “tertib berlalu lintas demi terwujudnya Indonesia emas”. Semoga dengan operasi ini mampu menjawab permasalahan di bidang lalu lintas yang telah berkembang dengan cepat dan dinamis, sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas.

Sebagai gambaran pada tahun 2022, jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polda Kepri sebanyak 3.063 pelanggaran, didominasi oleh pelanggaran tidak menggunakan helm SNI, melawan arus dan pengemudi dibawah umur. Jumlah laka lantas dalam periode yang sama tercatat sebanyak 37 kejadian dengan korban meninggal dunia 4 orang, luka berat 6 orang, luka ringan 47 orang dan kerugian material Rp. 22.700.000.

“Selanjutnya sebagai perbandingan, Operasi Patuh Seligi Tahun 2023 jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polda Kepri sebanyak 4.294 pelanggaran, dengan rincian 464 Etle Statis dan 3.830 teguran, didominasi oleh pelanggaran tidak menggunakan helm SNI, melawan arus dan pengemudi dibawah umur. Jumlah laka lantas operasi patuh seligi 2023 tercatat sebanyak 39 kejadian dengan korban meninggal dunia 3 orang, luka berat 15 orang, luka ringan 53 orang dan kerugian material Rp. 5.280.000,” Tutur Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

“Operasi Patuh Seligi Tahun 2024 ini akan berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 28 Juli 2024 dengan Tujuan operasi : menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Dengan sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan (pg), ambang gangguan (ag) dan gangguan nyata (gn) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas baik sebelum, pada saat maupun pasca operasi “patuh seligi-2024”. Dengan target operasi masing-masing Polres/Ta agar menetapkan target operasi (orang, lokasi, barang atau benda dan kegiatan) secara tematik sesuai dengan karakteristik kerawanan daerah di wilayah masing-masing, pahami target dan sasaran operasi ini serta laksanakan secara maksimal dan sungguh-sungguh sehingga dalam pelaksanaanya berjalan secara optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan,“ Tegas Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., memberikan penekanan kepada seluruh personil yang terlibat. Adapun penekanannya antara lain:

1. Melaksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan macet, rawan pelanggaran dan rawan laka lantas.

2. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas melalui giat sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial.

3. Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

4. Melaksanakan penegakan hukum secara elektronik (statis dan mobile) serta teguran simpatik dan humanis terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran lalulintas.

5. Melakukan counter opini terhadap berita-berita hoaks di media sosial, online maupun mainstream terkait operasi “patuh-2024”.

Setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seligi 2023, Kapolda Kepri beserta rombongan melaksanakan pengecekkan kendaraan dinas dalam rangka mendukung kesiapan tugas operasional Operasi Patuh Seligi 2024.

Kemudian saat memberikan keterangannya pada awak media, Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol. Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., menjelaskan “Adapun personel yg diturunkan Polda Kepri dan Polres/Ta Jajaran dalam operasi ini yaitu sebanyak 255 personel. Kita berharap kepada masyarakat pengguna jalan bukan takut karena petugas tapi takutlah dengan aturan–aturan lalu lintas, sehingga ketika masyarakat paham akan aturan–aturan lalu lintas mudah-mudahan kecelakaan bisa dihindari”. (Nanik WL)