Sabtu, Oktober 24Suara Rakyat News
Shadow

BAZNAS Jadikan Lubuk Bangkar Desa Agrowisata

Page Visited: 29
0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

SAROLANGUN-Suararakyatnews.com,

Setelah melakukan Pembangunan satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 60 KW, Badan Amil Zakat Nasional RI, kembali melakukan Launching Program Lembaga Economic Development (LED) di Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai, kegiatan ini berlangsung pada Senin (2/9/2019). LED yang dilakukan oleh BAZNAS di Desa Lubuk Bangkar kali ini bekerjasama dengan Bank Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi dan Organisasi PBB untuk Pembangunan Dunia (UNDP)


Kegiatan yang berlangsung semarak ini, dihadiri Langsung oleh Anggota BAZNAS RI, Ir Nana Mintarti, MP, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat BAZNAS RI, Irfan Syauqi Beik, PhD, Perwakilan UNDP Indonesia, Sophie Kemkhadze.

Program LED ini, dititik beratkan pada Program andalan berupa Pemberdayaan Petani Kopi melalui Budidaya dan Pengembangan Produk Olahan Pascapanen, melakukan Pendampingan dan Pengembangan Budidaya Perkebunan Karet dan Penanganan produksi, dimana Desa Lubuk Bangkar akan dijadikan Lokasi Program Komprehensif dari seluruh Program Penyaluran Zakat yang dilaksanakan oleh BAZNAS, yang meliputi Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Kemanusiaan, Sosial serta Dakwah.

“Di lokasi ini, BAZNAS juga melakukan Pemberdayaan Peternakan Kambing dan Domba, pengembangan kerajinan tangan Tradisional dari Daun pandan, Pengembangan Agrowisata Bukit Tempurung dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ucap Ir. Nana Mintarti, MP.

Dilanjutkannya, ” BAZNAS akan mendorong Produktivitas masyarakat dengan mengembangkan Program di Bidang Pertanian, Perikanan, UMKM dan Pengolahan Kopi. yang bekerjasama dengan Bank Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi dan UNDP. sehingga Program Pengembangan potensi Desa Lubuk Bangkar ini dapat terus berkelanjutan. yang tentunya tidak terlepas dari Peran serta Masyarakat yang menjadi kunci utama Program ini.” tutur Ir Nana Mintarti, MP.

Sementara itu, Perwakilan UNDP Indonesia Sophie Kemkhadze mengatakan memanfaatkan Ekonomi Lokal adalah salah satu cara konkret untuk membawa SDGs lebih dekat dengan Masyarakat. “Menerapkan SDGs di tingkat lokal membutuhkan pendekatan terintegrasi. UNDP percaya bahwa Pembangunan Ekonomi lokal dapat secara efektif mengurangi ketimpangan, memupuk kohesi Sosial dari bawah ke atas, menghasilkan peluang bisnis lokal dan pekerjaan yang sangat dibutuhkan. Kami berharap dapat melihat hasil dari inisiatif yang saya yakin akan melibatkan masyarakat yang terpinggirkan, khususnya perempuan dalam proses pengambilan keputusan,” imbuh Ms.Kemkhadze, seraya berharap kemitraan ini dapat membantu Pemberantasan kemiskinan.

Kepala Desa Lubuk Bangkar, Radinal Muktar kepada Suararakyatnews, mengucapkan rasa terima kasihnya, kepada semua pihak yang telah menjadikan desa yang dipimpinnya sasaran kegiatan selama dua tahun terakhir, ” Saya sangat berterimakasih kepada BAZNAS, Pemkab, Pemprov, Bank Jambi, serta Perwakilan UNDP PBB. yang telah memasukan Program-program ke Desa kami, saya berharap Pembinaan ini dapat memajukn desa kami kedepannya.” Sambut Radinal. (Aang/Adventorial)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements
Advertisements

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: